Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Wapres: Ajarkan Islam Ramah, Bukan Islam yang Marah

Sabtu 03 Apr 2021 14:47 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan

Wakil Presiden RI KH Maruf Amin.

Wakil Presiden RI KH Maruf Amin.

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Wapres Maruf Amin berpesan agar dakwah Islam dilakukan dengan cara sejuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan agar dakwah Islam dilakukan dengan cara yang sejuk dengan narasi kerukunan. Hal itu disampaikan Ma'ruf saat menutup Muktamar Mathla’ul Anwar yang ke-20 bersamaan dengan Munas ke-5 Muslimat Mathla’ul Anwar secara virtual, Sabtu (3/4).

Wapres meminta agar Mathla’ul Anwar terus menjaga komitmen dan khittah-nya dengan terus mengajarkan Islam yang wasathy. "Yaitu Islam yang ramah, bukan Islam yang marah. Dakwah Islam harus kita jalankan dengan cara dan narasi yang sejuk, narasi kerukunan, bukan narasi konflik apalagi dengan cara kekerasan," kata Ma'ruf dalam sambutannya.

Wapres mengingatkan dakwah wasathy juga merupakan tradisi dakwah yang diajarkan oleh Pendiri Mathla’ul Anwar KH. Mas Abdurrahman. Pemerintah pun berharap, Mathla’ul Anwar tetap konsisten membangun peradaban bangsa melalui layanan pendidikan, dakwah dan sosial dengan mengajarkan agama yang rahmatan lil ‘alamin, yang ramah dan toleran.

Baca Juga

"Dalam kaitan itu, saya menyampaikan penghargaan  atas respon cepat Mathla’ul Anwar mengutuk peristiwa kekerasan yang terjadi beberapa hari belakangan ini, baik di Makassar maupun Jakarta," ungkapnya.

Selain itu, Wapres juga berharap Mathla’ul Anwar menjalankan tugas keulamaan yaitu membangun kemaslahatan dan kemanfaatan, serta menghilangkan kerusakan-kerusakan dan bahaya. Salah satu bahaya yang sedang dihadapi bangsa Indonesia sekarang ini adalah Covid-19 yang juga merupakan bahaya global.

Ia mengatakan, menangkal  bahaya Covid-19 merupakan kewajiban. "Karena itu menjadi kewajiban kita semua untuk menangkal bahaya tersebut," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mengucapkan selamat kepada Ketua Majelis Amanah Pengurus Besar Mathla’ul Anwar terpilih dan Ketua Umum Pengurus Besar dan Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Mathla’ul Anwar terpilih. Ia berharap Mathla’ul Anwar dapat menginspirasi dan memotivasi anggotanya dalam mendukung dan memberikan nilai tambah bagi pembangunan bangsa dan negara.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA