Sabtu 03 Apr 2021 12:47 WIB

Korsel-AS-Jepang Tegaskan Kerja Sama Denuklirisasi Korut

Mereka meneruskan kerja sama dalam menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara.

Rep: Zainur mahsir Ramadhan/ Red: Esthi Maharani
Bendera Korea Utara.
Foto: Flickr
Bendera Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Para pejabat tinggi keamanan Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang baru saja menegaskan kembali komitmen kerja sama mereka. Utamanya, meneruskan kerja sama dalam menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara.

Mengutip KBS Sabtu (3/4), penasihat keamanan nasional Korea Utara Suh Hoon yang menginisiasi pembicaraan tatap muka dengan mitranya dari AS dan Jepang Jake Sullivan dan Shigeru Kitamura, di Maryland Jumat.

Dalam pernyataan dari Gedung Putih, ketiga pihak mengatakan mereka bertemu untuk membahas tinjauan kebijakan Korea Utara yang sedang berlangsung. Para pejabat keamanan tiga negara itu, menegaskan komitmen mereka untuk upaya bersama demi memajukan tujuan keamanan mereka.

Pernyataan itu juga mengungkapkan keprihatinan yang sama tentang program rudal nuklir dan balistik Korea Utara. Seraya, menegaskan kembali kerja sama menuju denuklirisasi dan menggarisbawahi perlunya untuk mengimplementasikan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Tak sampai di sana, ketiga pihak juga membahas Covid-19 dan kekacauan di Myanmar. Mereka, sepakat untuk memajukan visi bersama berdasarkan nilai-nilai demokrasi bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement