Sabtu 03 Apr 2021 08:00 WIB

Lowongan Kerja di AS Capai Level Tertinggi Selama Pandemi

Lowongan kerja meningkat seiiring percepatan vaksinasi dan ekonomi yang mulai pulih

Rep: Eva Rianti/ Red: Esthi Maharani
Vaksinasi di Amerika Serikat
Foto: VOA
Vaksinasi di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Lowongan kerja di Amerika Serikat pada Maret 2021 mencapai level tertinggi selama pandemi Covid-19 melanda, seiring dengan upaya percepatan vaksinasi dan ekonomi yang mulai kembali pulih. Pengusaha AS menciptakan ledakan perekrutan pada Maret dengan menambahkan 916 ribu pekerjaan.  

Dilansir dari AP News, berdasarkan data Departemen Tenaga Kerja AS, kenaikan lowongan kerja pada Maret 2021 hampir dua kali lipat dari kenaikan pada Februari 2021 sebesar 468 ribu. Data yang sama menunjukkan, tingkat pengangguran menurun dari 6,2 persen menjadi 6 persen. Namun, total lapangan pekerjaan tetap turun sekitar lebih dari 8 juta selama pandemi lebih dari setahun yang lalu.

Dengan pemulihan secara luas yang bergerak menguat, para ahli memperkirakan, perekrutan yang cukup dalam beberapa bulan mendatang bisa dapat memulihkan hampir semua pekerjaan yang hilang pada akhir tahun. Prospek pasar tenaga kerja dinilai semakin cerah dan perekonomian bergerak membaik. Data juga menunjukkan, kepercayaan konsumen pada Maret mencapai level tertinggi sejak pandemi meningkat.

Bulan lalu, perekrutan menguat di seluruh perekonomian. Restoran, hotel dan bar sebagai sektor yang paling hancur akibat pandemi menambah 216 ribu pekerjaan. Perusahaan konstruksi, dibantu oleh cuaca yang lebih baik setelah badai hebat pada Februari, naik 110 ribu. Sementara, produsen menambahkan 53 ribu pekerjaan. Layanan profesional dan bisnis, yang mencakup bidang bergaji tinggi seperti teknik dan arsitektur sebanyak 66 ribu pekerjaan.

Tanda lain yang dinilai menggembirakan, sekitar 500 ribu wanita kembali bekerja pada bulan lalu dan mendapatkan pekerjaan, sebagian mencerminkan pembukaan kembali sekolah di seluruh negeri. Wanita secara tidak proporsional berhenti dari pekerjaan atau berhenti mencari pekerjaan selama pandemi, dalam banyak kasus karena mereka harus merawat anak-anak yang bersekolah secara online dari rumah. Pembalikan tren itu akan menjadi penting karena pemberi kerja berusaha untuk mempekerjakan kembali dengan cepat.

Sebuah survei menemukan, manufaktur tumbuh pada Maret pada laju tercepat sejak 1983. Saat ini vaksinasi semakin banyak diberikan, meskipun infeksi baru yang dikonfirmasi telah meningkat dari tingkat yang lebih rendah dalam beberapa pekan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement