Tips Kejar Khatam Alquran Selama Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

 Senin 12 Apr 2021 06:27 WIB

Alquran Foto: Republika/Agung Supriyanto Alquran

Hal yang terpenting untuk mengkhatamkan Alquran adalah konsistensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi umat Islam untuk memaksimalkan ibadahnya. Salah satu caranya dengan mengkhatamkan Alquran. Pembina Indonesia Quran Reciter Application (IQRA), Ustadz Ahmad Syauqi menjelaskan tips yang bisa dilakukan umat Islam agar bisa mengkhatamkan Alquran.

“Sebelum masuk ke tipsnya, ada tiga poin yang perlu dihayati dan dipahami. Pertama, kita harus yakin bahwa bulan Ramadhan adalah bulan Alquran karena Alquran turun di bulan ini,” kata Ustadz Ahmad kepada Republika, Kamis (1/4).

Keyakinan itu harus ditambah dengan keyakinan bahwa dalam Ramadhan, Allah akan sangat senang apabila hamba-Nya terus dekat dengan Alquran. Allah akan melipatgandakan kebaikan di dalamnya. Terakhir, seluruh aktivitas kebaikan selama Ramadhan digandakan imbalannya. Maka, momen ini adalah momen investasi besar bagi setiap Muslim untuk mengisi kasnya di kehidupan akhirat nanti.

Setelah tiga poin tersebut dipahami, maka dilakukan hal yang lebih teknis agar bisa khatam Alquran di bulan Ramadhan.

Pertama, buat jadwal khusus untuk membaca Alquran yang tidak bisa diganggu oleh aktivitas apa pun. Pastikan jadwal tersebut disusun dalam target mengkhatamkan Alquran.

"Ramadhan terdiri dari 30 hari. Jika ditargetkan sehari satu juz, Insya Allah dalam 30 hari bisa khatam," katanya.

Ustadz Ahmad juga menekankan untuk menerapkan cara yang cerdas, terlebih bagi mereka yang belum terbiasa membaca Alquran dalam waktu yang lama. Mereka bisa mulai dari tahap kecil diiringi dengan konsistensi.

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan

“Untuk membuat lebih mudah jangan satu hari dipaksa khatam satu juz. Bagi yang tidak terbiasa, akan berat. Tentu ini berbeda jika orang itu sudah terbiasa,” tambah dia.

Mengatasi ini, dia mengatakan akan jauh lebih mudah jika membaca satu juz dibagi dalam lima waktu sholat. Setiap sholat diusahakan membaca dua lembar sehingga satu hari bisa membaca satu juz. Jadi, target sebulan bisa diselesaikan.

Yang jelas, lanjut dia, dari semua tips itu, terpenting adalah konsistensi. “Kunci agar konsisten selalu ingat tiga poin di atas dan berharaplah agar Allah mengaruniai konsistensi untuk kita dalam membaca Alquran,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X