Jumat 02 Apr 2021 18:27 WIB

Hari Ini, Enam Orang di Lampung Wafat Akibat Covid-19

Total pasien wafat akibat Covid-19 di Lampung 72 orang dari 14.134 orang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.
Foto: Antara
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Reihana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pasien positif Covid-19 di Provinsi Lampung bertambah lagi 72 orang pada Jumat (2/4). Sedangkan pasien positif yang wafat juga masih bertambah enam orang, dan pasien positif yang sembuh bertambah 37 orang.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung merilis data, Jumat (2/4), jumlah total kasus positif Covid-19 sebanyak 14.134 orang, kasus baru 72 orang. Pasien positif yang sembuh (selesai isolasi) 12.825 orang, dan pasien positif yang meninggal dunia total 766 orang.

Kasus pasien positif Covid-19 di Lampung yang meninggal dunia sebanyak 11 orang dalam sepekan terakhir. Rinciannya, pada Kamis (1/4) terdapat satu orang wafat, Rabu (31/3) tiga orang meninggal dunia, Selasa (30/3) empat orang meninggal dunia, dan Senin (29/3) tiga orang wafat. Sedangkan pada Ahad (28/3) pasien meninggal dunia nihil.

Kepala Dinkes Lampung dr Reihana menyatakan, kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia total 766 orang dan hari sebelumnya (kemarin) 760 orang. “Terdapat penambahan enam pasien meninggal dunia,” katanya dalam keterangan pers, Jumat (2/4).

Menurut Reihana yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, berdasarkan datanya, angka kesembuhan pasien positif masih menggembirakan mencapai 90,73 persen, di atas rata-rata nasional yang mencapai 89,31 persen.

Namun untuk kasus pasien positif yang meninggal dunia angka case fatality rate (CFR) di Lampung masih tinggi mencapai 5,41 persen. Lebih tinggi dari CFR nasional yang hanya sebesar 2,70 persen.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengapresiasi Provinsi Lampung mampu menekan jumlah kasus positif setiap harinya. Selain itu, ia juga mengapresiasi kerja satgas yang mampu meningkatkan jumlah pasien yang sembuh.

Dalam kunjungannya, Maret lalu, Doni Monardo memberikan evaluasi kepada Satgas Penanganan Covid-19 di Lampung yang belum menggembirakan terkait dengan masih tingginya angka kasus kematian pasien positif Covid-19.

Menurut dia, kalau angka kasus aktif nasional mencapai 9,16 persen,  maka kasus aktif Lampung 4,59 persen. Angka kesembuhannya masih di atas angka kesembuhan nasional,  angka kesembuhan nasional  88,16 persen, di Lampung 90,09 persen.

Namun, kata dia, masih ada yang belum optimal dilakukan Satgas Covid-19 Lampung, mengenai angka kematian di Lampung mencapai 5,32 persen, sedangkan angka kematian rata-rata nasional hanya 2,71 persen.

Kasus pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan yang meninggal dunia, menurut Reihana, didominasi pasien berusia lanjut dan memiliki penyakit penyerta atau kormobid. Penanganan pasien positif Covid-19 tersebut harus dilakukan secara komprehensi dengan penyakit bawaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement