Jumat 02 Apr 2021 16:47 WIB

Kenali Twitch, Aplikasi yang Siarkan Laga GM Irene VS Gothamchess

Sebenarnya, apa itu Twitch? Apakah fungsi dari platform tersebut?

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kenali Twitch, Aplikasi yang Siarkan Laga GM Irene VS Gothamchess (Foto: Twitch Blog)
Kenali Twitch, Aplikasi yang Siarkan Laga GM Irene VS Gothamchess (Foto: Twitch Blog)

Laga GothamChess VS Grandmaster Irene Sukandar mengudara lewat platform streaming Twitch pada Rabu (31/3/2021) malam. Pertandingan itu membuat kata 'Twitch' jadi tren di Google Indonesia pada Kamis (1/4/2021) pagi.

Sebenarnya, apa itu Twitch? Apakah fungsi dari platform tersebut? Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut ini informasi seputar Twitch yang Warta Ekonomi rangkum.

Umumnya, para penggemar sejumlah kreator konten gim sudah akrab dengan Twitch--karena para kreator memanfaatkan Twitch sebagai wadah streaming permainan gim mereka. Di Indonesia, sejumlah kreator konten gim juga telah menggunakan Twitch.

Baca Juga: Investor Bitcoin Pengguna iPhone Ini Rugi Rp8,7 M, Ternyata Gegara Ini!

Baca Juga: Kisah Startup: Qlue, Startup dengan Bisnis yang Tumbuh 70% di Tengah Pandemi

Apa Itu Twitch?

Twitch adalah platform yang menyiarkan stream permainan gim para kreator gim, memungkinkan mereka berinteraksi dengan para penonton/penggemar. Amazon merupakan induk usaha dari Twitch.

Mengapa Twitch terkenal di kalangan pecinta gim dan kreator konten? Pembinaan komunitas tampaknya jadi jawaban yang tepat.

Melansir QZ, Twitch menyediakan interaktivitas pada layanannya; itu efektif dalam menghubungkan penonton dengan kreator. Fitur-fitur seperti ruang obrolan dan pesan langsung mendukung interaktivitas itu.

Untuk mencetak pendapatan, Twitch memasang iklan bagi pengguna yang menonton stream tanpa berlangganan. Ada pula biaya langganan yang memungkinkan penonton mengakses fitur khusus di saluran favorit mereka.

Akan tetapi, konten-konten di Twitch tak mengalami penyensoran sehingga agak riskan bagi pengguna di bawah umur. Twitch sendiri mengharuskan pengguna berusia minimal 13 tahun untuk membuat akun.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement