Jumat 02 Apr 2021 09:24 WIB

Said Nursi: Rasulullah Cermin Terbening Sang Pemilik Alam

Rasulullah juga merupakan sosok paling sempurna yang membimbing jin dan manusia

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Badiuzaman said Nursi
Foto: hizmetnews
Badiuzaman said Nursi

REPUBLIKA.CO.ID, Nabi Muhammad Saw merupakan utusan Allah yang diutus ke bumi untuk menyebarkan ajaran Islam dan menyempurnakan Allah manusia. Ulama dan pemikir Turki, Said Nursi (1878-1960) memandang Rasulullah sebagai cermin paling bening yang memantulkan keindahan.

Dalam karyanya yang berjudul Risalah Mi’raj, Nursi mengungkapkan, Nabi Muhammad Saw adalah sosok terbaik yang memperlihatkan keindahan dalam kesempurnaan yang mutlak milik Sang Pencipta alam, serta sosok terbaik yang telah memenuhi kehendak Allah dalam  memperlihatkan keindahan tersebut lewat perantaraan seorang utusan, sebagaimana tuntutan hikmah dan hakikat.

Menurut Nursi, Rasulullah adalah sosok terbaik yang menunjukkan kesempurnaan kreasi dalam keindahan mutlak milik Sang Pencipta alam, serta penyeru dengan suara yang paling tinggi. Jadi, kata dia, Rasulullah telah mengabulkan kehendak Allah dalam mengarahkan perhatian makhluk kepada kesempurnaan kreasi-Nya.

Selain itu, menurut Nursi, sosok Nabi Muhammad juga merupakan sosok paling sempurna yang menyuarakan seluruh tingkatan tauhid. Jadi, Rasulullah telah menuruti kehendak Tuhan semesta alam dalam mendeklarasikan keesaan-Nya kepada berbagai tingkatan makhluk.

 

“Beliau adalah cermin paling bening yang memantulkan keindahan dan kehalusan estetika Sang Pemilik alam seperti ditunjukkan oleh tanda-tanda kekuasaan-Nya, serta sosok terbaik yang mencintai dan membuat dirinya dicintai oleh-Nya,” kata Nursi.

Jadi, menurut Nursi, Nabi Muhammad Saw telah memenuhi kehendak Ilahi dalam melihat sekaligus memperlihatkan keindahan suci tersebut sesuai tuntutan hikmah dan hakikat.

Said Nursi juga menjelaskan bahwa Rasulullah adalah sosok terbaik yang memperkenalkan dan memberitahukan khazanah gaib yang berisi mukjizat paling indah dan permata paling berharga milik Sang Pencipta alam. Jadi, beliau telah mengabulkan kehendak Tuhan dalam memperlihatkan perbendaharaan gaib tersebut.

Nursi menambahkan, Rasulullah juga merupakan sosok paling sempurna yang membimbing jin dan manusia, bahkan ruhaniyyin (makhluk rohani) dan malaikat lewat Alqur’an al-Karim, serta sosok paling agung yang menjelaskan makna kreasi Sang Pencipta semesta alam yang telah Dia hiasi dengan perhiasan yang paling indah sekaligus membuat para makhluknya yang memiliki  kesadaran memperhatikan dan  mengambil pelajaran darinya.

“ Jadi, beliau telah menuruti kehendak Ilahi dalam menjelaskan makna kreasi-Nya kepada makhluk yang berakal,” kata Nursi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement