Kamis 01 Apr 2021 22:06 WIB

YouTube Bereksperimen Sembunyikan Jumlah Dislike

Youtube bereksperiman jumlah like yang akan ditampilkan secara publik di video.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- YouTube telah mengumumkan eksperimennya untuk menyembunyikan tampilan jumlah 'dislike'. Eksperimen ini serupa dengan upaya lain yang dilakukan platform seperti Instagram untuk menyembunyikan jumlah like pada postingan. Namun hingga kini ide itu belum diimplementasikan di Instagram.

Dilansir dari The Verge, Rabu (31/3), dalam penyiapan saat ini, statistik like dan dislike dapat dilihat di halaman YouTube Studio kreator. Namun, hanya like yang akan ditampilkan secara publik di video.

Baca Juga

Dalam artikel dukungan yang menjelaskan tes tersebut, YouTube dislike dapat berdampak negatif pada kesejahteraan pembuat konten. Selain itu, tombol dislike juga dikhawatirkan  dapat memotivasi kampanye dislike yang ditargetkan pada video konten.

Pembuat konten mengandalkan like dan dislike sebagai bentuk masukan untuk memandu hasil kreatif mereka. Jika menyukai video, umumnya penonton akan memberikan like, dan ketika tidak menyukai video, penonton biasanya akan memencet ikon dislike.

Ketika YouTube pertama kali mengumumkan sedang mencari cara untuk menyembunyikan dislike, mereka mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah menyembunyikan angka untuk like dan dislike, atau menghapus like dan dislike sama sama sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement