Kamis 01 Apr 2021 19:14 WIB

Smartphone dan Kuota Gratis Bagi Siswa Dhuafa

Sudah 500 paket donasi berisi smartphone dan kuota data telah disalurkan

Bagi smartphone gratis
Foto: Dok BMM
Bagi smartphone gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar daring menjadi keniscayaan bagi para siswa selama masa pandemi ini, tidak terkecuali pelajar dhuafa. Karena itu, masih banyak diantara para peserta didik yang menemui hambatan dalam menjalankannya karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki, khususnya bagi para siswa yang berlatar belakang dari keluarga dhuafa. 

Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mereka, PT XL Axiata Tbk melalui Benihbaik.com dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) menyalurkan bantuan berupa 500 buah smartphone dan paket internet kepada para siswa dhuafa. Mereka tersebar di empat kota yang berada di Indonesia yaitu Medan, Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Penyerahan pertama donasi program ini dilakukan di Jakarta pada  Januari 2021 lalu yang dihardiri oleh Chief Of Corporate Affair Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir, Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi, dan Co-founder Benihbaik.com, Kritstina Anggit Mustikaningrum. Selanjutnya, donasi smartphone dan paket data gratis ini telah disalurkan pada  Maret 2021.

Bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian dan adanya kesamaan visi antara PT XL Axiata Tbk, BenihBaik.com dan BMM dalam membantu sesama, khususnya di bidang pendidikan.

Dikatakan Chief of Corporate Affair Officer XL Axiata, Marwan O Baasir, manajemen XL Axiata sangat memahami problem yang dirasakan oleh sebagian masyarakat, terkait dengan kemampuan memiliki smartphone dan kuota data agar anak-anaknya bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sudah 500 paket donasi berisi smartphone dan kuota data telah disalurkan kepada 71 siswa di Surabaya, 166 siswa di Jakarta, 61 siswa di Bandung, dan 202 siswa di Medan. 

“Dengan adanya bantuan ini, kami berharap beban orang tua para pelajar, yang secara ekonomi tergolong kurang mampu, bisa menjadi lebih ringan. Jadi, problem bagi sebagian masyarakat kita agar bisa mengikuti PJJ itu tidak hanya terkait kuota data, namun juga tidak mampu memiliki smartphone. Semurah-murahnya pasti juga harganya ratusan ribu rupiah. Bagi masyarakat kurang mampu, itu sudah tidak terjangkau,” jelas Marwan lewat keterangan tertulis kepada Republika.

“Dalam hal ini BenihBaik.com dan BMM membantu mendistribusikan smartphone dan paket kuota data gratis ini hingga ke tangan siswa. BenihBaik.com dan BMM memiliki data siswa yang berhak mendapatkan donasi, yaitu para pelajar kurang mampu, di setiap kota,” tambah Marwan

Direktur Eksekutif, BMM Novi Wardi mengungkapkan harapannya atas sinergi yang dilakukan bersama PT XL Axiata Tbk dan Benihbaik.com, “Alhamdulillah kami memiliki spirit yang sama dalam mendorong pendidikan di Indonesia agar menjadi lebih baik, khususnya bagi para siswa dhuafa yang memang sangat membutuhkan support dari semua pihak, terutama ditengah kondisi sulit seperti saat ini. Tentunya kami berharap dengan adanya sinergi yang dilakukan ini dapat meringankan beban mereka agar dapat tetap belajar dan semangat dalam meraih cita-citanya walaupun dengan segala keterbatasan yang ada.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement