Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Wapres Dorong Penerapan Moderasi Beragama 

Kamis 01 Apr 2021 17:43 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko

Wakil Presiden Ma

Foto:
Wapres menilai moderasi beragama dapat mencegah munculnya tindakan diskriminatif

Karena itu, ia juga menyampaikan terimakasih kepada para pemuka agama dan FKUB atas peran dan kontribusinya yang sangat penting dalam menjaga harmoni dan persatuan. Ia mengingatkan, kemajemukan dan keberagaman akan berpotensi menjadi benih perpecahan apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. 

Namun kemajemukan akan menjadi kekuatan yang besar dan riil untuk membangun bangsa apabila kita bersama-sama menjaga dan merawatnya. Karena itu, Wapres menekankan untuk menjaga keharmonisan bangsa kita yang multi-etnik, budaya dan agama, perlu empat bingkai kerukunan. 

Pertama, bingkai teologis, selalu mengedepankan dan mengembangkan sikap moderasi dalam beragama, menumbuhkan pemahaman teologi kerukunan, bukan teologi konflik. Kedua, bingkai politik, yaitu selalu mengedepankan empat konsensus nasional: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ketiga, bingkai sosiologis, yaitu dengan mengedepankan pendekatan kultural dan kearifan lokal, serta bijak dalam berinteraksi sosial. "Keempat, bingkai yuridis, yaitu dengan senantiasa patuh dan taat terhadap seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA