Kamis 01 Apr 2021 12:54 WIB

Digitech 2021, Waktunya Transformasi Digital

Pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran yang sangat berharga

Sebanyak 29 BUMN, tiga BUMD dan dua perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021.
Foto: ,
Sebanyak 29 BUMN, tiga BUMD dan dua perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 29 BUMN, tiga BUMD dan dua perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021. Perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan anjuran Presiden Jokowi untuk menerapkan transformasi digital di era industri 4.0 pada core business dan pelayanannya masing-masing.  

Ketua Penyelenggara Digitech 2021 Irnanda Laksanawan PhD mengatakan ajang ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Ia berharap tujuan dari award ini untuk mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya karena adanya pandemi covid-19 yang sangat mematikan, bisa tercapai.

Menurut Irnanda saat ini waktu untuk membuktikan implementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Karena salah satu hikmah dari pandemi Covid-19 adalah menunjukkan betapa pentingnya produk digital bagi kehidupan manusia.

“Sebab, di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. "Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing.” 

Digitech 2021 diselenggarakan Majalah Itech bekerja sama dengan FORTI BUMN, Kementerian Ristek BRIN, BPPT, dan Kementerian Perindustrian. Acara yang mengangkat tema “Achieving Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innovation” ini didukung oleh para pakar dan professional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. 

Ketua Dewan Juri Dr Ir Bambang Setiadi MS mengatakan proses penjurian pada era Covid-19 mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga. Terutama bagi pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang sustainable di era digital. Diantaranya adalah implementasi Inisiatif Strategis Transformasi Digital dalam menghadapi 3 tantangan besar (secure, survive dan sustain) di era Digital dan Pandemi.

“Penjurian ini menjadi penting karena akan terjadi peningkatan stabilitas perusahaan. Perusahaan akan semakin yakin bahwa ia bisa berkembang," kata Bambang.

Digitech 2021 diikuti sekitar 400 perusahaan dari kalangan BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelanggara lalu menyaring, menyeleksi, mengevaluasi menjadi sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat dan diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancara. Hasilnya 34 perusahaan terbaik yang terpilih oleh dewan juri sebagai pemenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement