Kamis 01 Apr 2021 10:54 WIB

Tol Pamulang-Serpong Diresmikan

Keberadaan rangkaian jalan tol JORR II akan memperlancar mobilitas masyarakat.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional jalan tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang sepanjang 10,1 km dan jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 km. Kedua segmen jalan tol tersebut merupakan rangkaian dari Jakarta Outer Ringroad (JORR) II yang melayani mobilitas penduduk dan barang di seputar Jabodetabek.

"Jalan tol ini sangat dinantikan oleh masyarakat terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena dapat menjadi alternatif, khususnya warga Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian, Kamis (1/4).

Jokowi yakin, keberadaan rangkaian jalan tol JORR II akan memperlancar mobilitas masyarakat dan memecah kemacetan yang selama ini menumpuk di pusat ibu kota. Rangkaian tol yang melingkari Jakarta ini juga diyakini mendukung mobilitas para komuter atau penglaju di sekitar ibu kota.

"Serta melancarkan distribusi barang di berbagai kawasan yang dilalui jalan tol ini sehingga menghemat waktu tempat dan menurunkan biaya logistik," kata dia.

 

Keberadaan jalan tol, menurut Jokowi, tidak hanya menghubungkan antarwilayah saja, namun juga meningkatkan daya saing antardaerah. Jalan tol juga diyakini mampu meniakkan ekonomi di kawasan sekitarnya.

"Juga mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement