Kamis 01 Apr 2021 06:32 WIB

Makedonia Utara Buat Jerman Bertekuk Lutut

Gol Eljif Elmas menjadi penentu kemenangan mengejutkan Makedonia Utara atas Jerman.

Ekspresi pemain Makedonia Utara Eljif Elmas selepas menjebol gawang Jerman.
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Ekspresi pemain Makedonia Utara Eljif Elmas selepas menjebol gawang Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makedonia Utara mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-85 melalui Eljif Elmas untuk menumbangkan tuan rumah Jerman 2-1 di MSV Arena, Duisburg, dalam pertandingan Grup J kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (1/4) dini hari WIB. Negara Balkan itu pun seketika merayakan kemenangan internasional terbesarnya.

Elmas menciptakan gol setelah juara dunia empat kali itu mengendalikan permainan tetapi kesulitan menciptakan peluang melawan Makedonia Utara yang disiplin bertahan dan berperingkat 65 dunia. Ini adalah kekalahan kandang pertama Jerman dalam kualifikasi Piala Dunia dalam kurun 20 tahun terakhir.

Padahal Jerman menguasai 70 persen distribusi bola pada babak pertama. Tembakan Leon Goretzka membentur mistar gawang Makedonia Utara tapi gagal berbuah gol. 

Justru tim tamu yang pertama membuka skor ketika Goran Pandev yang sudah berusia 37 tahun mencetak gol. Ia menusuk ke kotak penalti Jerman tanpa kawalan untuk kemudian melesakkan bola pada injury time babak pertama. 

Tendang penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-63 membawa tuan rumah menyamakan kedudukan. Namun meskipun terus menekan yang dirandai hadirnya peluang emas dari Timo Werner sekitar 10 menit menjelang bubaran, Jerman tidak kunjung bisa menciptakan gol kemenangan.

Sebaliknya, justru Elmas yang kembali mencetak gol untuk mengerek Makedonia Utara mengemas enam poin yang sama dengan Jerman dalam klasemen Grup J. Jerman dan Makedonia Utara tiga poin di bawah pemuncak klasemen Armenia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement