Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Baca Doa Sayyidul Istighfar Ganjarannya Surga

Jumat 02 Apr 2021 05:15 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Baca Doa Sayyidul Istighfar Ganjarannya Surga

Baca Doa Sayyidul Istighfar Ganjarannya Surga

Foto: Thoudy Badai/Republika
Orang yang membaca kalimat istighfar akan diampuni dosanya oleh Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalimat istighfar yang berbunyi  اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ merupakan kalimat yang mulia. Orang yang membaca kalimat istighfar akan diampuni dosanya oleh Allah. 

Selain kalimat istighfar seperti di atas ada juga kalimat atau doa yang disebut sayyidul istighfar. Berikut redaksinya:

Baca Juga

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu, dan berada dalam perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku perbuat, dan aku mengakui kenikmatan-Mu yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui dosa-dosaku, maka ampunilah dosaku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. 

Doa ini dapat ditemukan pada kitab hadits Sunan Tirmidzi. Dalam hadits tersebut Rasulullah menjelaskan seseorang yang mengucapkan doa tersebut pada sore hari kemudian orang tersebut meninggal sebelum pagi hari, maka wajib bagi orang tersebut surga. Begitupun sebaliknya, seorang yang mengucapkannya pagi hari lalu meninggal sebelum sore maka wajib baginya surga. 

photo
Infografis Waktu Terbaik Berdzikir - (Republika.co.id)
 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA