Pandemi, Sukabumi Makin Gerakkan Reformasi Birokrasi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Mas Alamil Huda

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan Kota Sukabumi sebagai Kota Terinovatif dari Kemendagri, beberapa waktu lalu.
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan Kota Sukabumi sebagai Kota Terinovatif dari Kemendagri, beberapa waktu lalu. | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk menjalankan reformasi birokrasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Caranya dengan menggulirkan program yang memperkuat implementasi reformasi birokrasi dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Kami mendorong reformasi birokrasi untuk percepatan layanan ke warga," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Rabu (31/3). Ia menerangkan reformasi birokrasi merupakan amanat dari pemerintah pusat dan presiden kepada provinsi dan kabupaten/kota.

Fahmi menuturkan, mindset aparatur saat ini sebagai pelayan warga bukan sebagai tuan. Sehingga harus ada kesiapan aparatur dalam pelayanan publik yang cepat, tepat, mudah dan murah sebagai bagian tidak terpisahkan dalam reformasi birokrasi.

Selain itu bagaimana pemda mempercepat pelibatan teknologi dan informasi. Di mana yang awalnya lambat dengan diikutkan teknologi menjadi cepat, awalnya mahal tapi sekarang murah, dan awalnya sulit jadi mudah.

Intinya, kata Fahmi, berbagai inovasi dalam reformasi birokrasi publik terus dilakukan dalam banyak titik. Dalam kesehatan misalnya melalukan banyak inovasi reformasi birokrasi dan jadi kota terinovatif di Indonesia pada Desember 2020. Hal ini terkait program Homecare, di mana setiap perawat tugas fungsinya kunjungan ke masyarakat yang alami gangguan kesehatan.

Kabag Organisasi Setda Kota Sukabumi, Ida Halimah, mengatakan, untuk mendorong layanan dilombakan inovasi publik beberapa waktu lalu. Di mana terdapat 65 Inovasi yang dipersiapkan yang mengikuti lomba. Rincianya 31 perangkat daerah mengajukan sebanyak 61 Inovasi dan 3 Badan usaha milik daerah (BUMD) atau Perumda sebanyak 4 Inovasi.

Hal ini tentunya menunjukkan antusias dan semangat menciptakan inovasi yang luar biasa. Berbagai Inovasi yang diciptakan SKPD sejalan dengan harapan dan janji serta visi-misi Wali Kota dan Wakil Wali kota Sukabumi dalam RPJMD 2018-2023, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan publik semakin lebih baik lagi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


BI: Pemkot Sukabumi Agar Bersiap Sambut Pembangunan Bocimin

Pandemi, Sukabumi Maksimalkan Pembangunan Berbasis Karakter

Kota Sukabumi Lombakan Inovasi Layanam Publik

Pemkot Sukabumi Dorong Lahirnya Aparatur Beretika

Pandemi, Sukabumi Gerakkan Small Touch Dekat ke Rakyat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image