Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Andai Jadi Pelatih, Ferdinand Pilih Lampard

Rabu 31 Mar 2021 23:05 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Frank Lampard

Frank Lampard

Foto: AP/Toby Melville/Pool Reuters
Ferdinand menjelaskan masing-masing kelebihan Lampard, Scholes, dan Gerrard.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dalam satu hingga nyaris tiga dekade lalu, Inggris memiliki beberapa gelandang kelas dunia. Para legenda Negeri Ratu Elizabeth tersebut antara lain, Frank Lampard, Paul Scholes, dan Steven Gerrard.

Perdebatan mengenai siapa yang terbaik di antara mereka sering terdengar. Mantan palang pintu the Theree Lions, Rio Ferdinand kembali membicarakan hal tersebut.

Ferdinand mengenal para pemain kelas wahid itu dari dekat. Ia pernah berbagi kamar ganti dengan Gerrard dan Lampard di timnas. Ia juga rekan setim Scholes di Manchester United dan di skuad Three Lions.

Baca Juga

Andai menjadi pelatih dan diminta memilih satu di antara ketiganya, Ferdinand lebih condong memakai jasa Lampard.Ia mengikuti sepak terjang jebolan akademi West Ham United saat malang melintang bersama Chelsea. Sewaktu bermarkas di Stamford Bridge, menurut Ferdinand, Lampard tidak hanya piawai di lini tengah, melainkan juga aktif membantu penyerangan.

"Karena dia memberi saja jaminan 20 gol semusim. Sebagai seorang manajer, saya ingin mereka menjadi penentu pertandingan. Dia memberi saya 20 gol, dan assist hingga dua digit," kata sosok yang kini menjadi pundit sepak bola itu dalam saluran Yuotube-nya, dikutip dari Daily Mail, Rabu (31/3).

Namun jika dalam posisi sebagai pemain, ia ingin Scholes menjadi rekannya. Itu pernah terjadi selama membela Setan Merah. Ferdinand sudah merasakan daya magis pria kelahiran Oldham itu. Ia banyak berterima kasih pada pemilik 66 caps timnas Inggris tersebut.

"Dia mungkin pemain favorit saya yang pernah bermain dengan saya," ujar Ferdinand.

Selanjutnya, jika bertindak sebagai penonton, ia lebih menyukai aksi Gerrard. Menurut dia, Gerrard kurang beruntung karena tidak berada di tim terkuat Liverpool.

Tapi di sisi lain, situasi demikian semakin membuat sang kapten jadi andalan. Terlihat segala sesuatu seperti dimotori oleh ayah empat anak itu.

"Jika saya membeli tiket untuk menonton, saya memilih Gerrad agar bisa melihat momen eksplosif yang tidak dimiliki dua pemain lainnya. Dia mengubah seluruh dinamika pertandingan sepak bola dengan tekel atau tembakan ke gawang," tutur Ferdinand menujukkan sejumlah kelebihan individu mantan kapten the Reds itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA