Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

5 Langkah Perbaiki Kualitas Tidur

Rabu 31 Mar 2021 21:55 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa hal yang harus ditinggalkan bila ingin mendapatkan tidur berkualitas.

Ada beberapa hal yang harus ditinggalkan bila ingin mendapatkan tidur berkualitas.

Foto: Flickr
Ada beberapa hal yang harus ditinggalkan bila ingin mendapatkan tidur berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering berlama-lama di media sosial sebelum tidur? Jika iya, maka Anda harus mengurangi kebiasaan tersebut karena itu dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari. Akibatnya, secara alami dapat membuat Anda merasa lelah di siang hari.

Penelitian oleh merek tempat tidur Silentnight menemukan bahwa 73 persen orang tahu bahwa kebiasaan, termasuk menggulir di media sosial, minum alkohol, merokok, dan berbelanja, dapat mengakibatkan kurang tidur. Kebiasaan ini juga berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik mereka. Sayangnya kegiatan-kegiatan ini tetap terus dilanjutkan.

"Sangat menarik untuk melihat bahwa sementara banyak dari kita ingin meningkatkan kualitas tidur kita, sebagian besar dari kita tahu bahwa rutinitas malam sebelum tidur mempengaruhi kurangnya tidur kita," ujar juru bicara Silentnight's Wellbeing Collection, Hayley Chaytor, dilansir laman Womansworld, Rabu (31/3).

Terlebih lagi, kata dia, penelitian ilmiah menunjukkan kualitas tidur yang lebih baik memiliki manfaat bagi kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Hal itu berarti tidur nyenyak juga dapat membuat pencapaian resolusi lain menjadi lebih sederhana.

Setelah Anda menghentikan rutinitas tidur yang buruk dan kurang tidur, sekarang saatnya untuk berfokus pada faktor-faktor yang membuat Anda merasa lesu. Berikut beberapa faktor yang bisa Anda kurangi untuk mencapai kualitas tidur yang lebih baik.

Pertama adalah melakukan aktivitas fisik. Berolahraga adalah cara yang luar biasa untuk meningkatkan tingkat energi. Ketika Anda merasakan kemerosotan energi di sore hari, cobalah melakukan sepuluh lompatan dan lihat bagaimana perasaan Anda setelahnya.

Kedua adalah bangun tidur lebih awal. Ini kedengarannya sederhana, tetapi jika Anda menghindari tidur siang dan meluangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur, Anda akan merasa lebih waspada di pagi hari.

Ketiga, katakan tidak pada minuman keras. Satu atau dua minuman alkohol mungkin dapat membantu Anda merasa rileks. Namun Anda akan membayarnya dengan kegelisahan keesokan harinya.  Sebaliknya, manjakan diri Anda dengan minum-minumsatu jam sebelum tidur seperti teh kulit pisang.

Keempat sering mengalihkan pandangan dari layar. Jika Anda sedang bekerja dari rumah sekarang, ini sangat penting. 

Setiap dua puluh menit atau lebih, lebih baik berpaling dari laptop atau komputer Anda selama kurang lebih 20 detik. Jangan gunakan waktu ini untuk melihat ponsel Anda.

Dan, kelima, bicaralah dengan dokter Anda. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter kita, apakah Anda menemukan kelelahan memiliki efek besar pada kehidupan Anda sehari-hari? Hubungi profesional medis yang dapat memberi Anda nasihat tentang kondisi medis apa pun yang mungkin terjadi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA