Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Memahami Ibadah Menurut Muhammadiyah

Rabu 31 Mar 2021 20:49 WIB

Red: Ani Nursalikah

Memahami Ibadah Menurut Muhammadiyah. Warga saat akan beribadah di Masjid Asmaul Husna, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Memahami Ibadah Menurut Muhammadiyah. Warga saat akan beribadah di Masjid Asmaul Husna, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Muhammadiyah hanya mau melakukan amalan yang jelas-jelas dipraktikkan Rasulullah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibadah, menurut Kitab Masalah Lima, ialah bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah dengan jalan menaati segala perintah-perintah-Nya, menjauhi larangan-larangan-Nya, dan mengamalkan segala yang diizinkan Allah. Dari segi bentuk dan sifatnya, ibadah dapat berupa ucapan, perbuatan, menahan diri, menggugurkan.

Sementara dari segi hukum pelaksanaannya, ada dua jenis ibadah. Pertama, ibadah muamalah, yaitu segala perbuatan baik yang tidak melanggar syariat. Kedua, ibadah mahdhah, yaitu apa saja yang telah ditetapkan Allah perincian, tingkah, dan tata caranya.

Baca Juga

Ibadah muamalah bersifat umum. Spiritnya berasal dari Allah, namun teknisnya diserahkan kepada manusia.

Misalnya, Allah memerintahkan manusia menuntut ilmu. Perkara menuntut ilmunya nanti lewat sekolah, pesantren, atau bahkan autodidak, adalah mutlak wilayah kreativitas manusia.

Tidak ada ketentuan harus begini dan begitu. Pendeknya, ibadah muamalah itu mencakup seluruh aktivitas hidup manusia yang sejalan dengan perintah Allah.

Tidak ada batasan. Kuncinya dalam niat. Kaidah mengatakan, an-niyyatu tufarriqu baina al-aadati wa al-ibaadati (niatlah yang membedakan antara [suatu perbuatan itu] kebiasaan saja atau ibadah).

Berbeda dengan ibadah mahdhah. Ibadah jenis ini bersifat khusus. Detail pelaksanaannya harus mengacu instruksi Allah yang telah dicontohkan Rasulullah. Aneka rupa kreativitas manusia dalam ibadah mahdhah dinamakan bid’ah, dan statusnya sesat.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA