Rabu 31 Mar 2021 18:45 WIB

Persiapkan Tiga Hal Ini Sebelum Vaksinasi Covid-19

Semakin kuat sistem imun seseorang, semakin responsif sistem imun terhadap vaksin.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Ada tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Ada tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program vaksinasi Covid-19 kini sudah menjangkau kelompok masyarakat yang lebih luas. Sebagian orang mungkin baru mendapatkan jadwal untuk vaksinasi. Kira-kira, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum vaksinasi?

Salah satu penulis Simplifying The COVID-19 Puzzle, dr Andrew Myers mengungkapkan setidaknya ada tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani vaksinasi Covid-19. Berikut ini adalah ketiga hal tersebut, seperti dilansir Eat This, Kamis (31/3):

1. Sistem imun prima

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari suatu vaksin, dibutuhkan sistem imun yang kompeten. Semakin kuat sistem imun seseorang, semakin responsif sistem imun terhadap vaksin yang diberikan.

 

"Pastikan sistem imun Anda sesehat mungkin sebelum menerima vaksinasi," ujar dr Myers.

2. Suplementasi

Asupan makan yang bergizi merupakan salah satu kunci penting dalam menunjang sistem imun. Bila perlu, dr Myers juga merekomendasikan penggunaan suplemen yang dapat mendukung sistem imun.

Beberapa zat gizi yang dapat mendorong sistem imun adlaah vitamin K2 atau MK-7, vitamin D3, vitamin C, Zinc, dan Omega-3 baik dari minyak ikan atau dari sumber vegan seperti bunga ahi. Dr Myers mengatakan, konsumsi suplemen nutrisi dapat dilakukan baik sebelum dan setelah menerima vaksin. Konsumsi suplemen nutrisi di waktu-waktu ini dapat membantu meningkatkan dan menunjang sistem imun.

Terkait vitamin, sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan asupan vitamin K2 dan juga vitamin D3 berkaitan langsung dengan kerentanan seseorang untuk terkena Covid-19. Kondisi tersebut juga turut berkaitan dengan tingkat keparahan dan hasil pengobatan Covid-19 pada orang-orang yang harus mendapatkan perawatan di rmah sakit.

Menurut studi, vitamin K2 dan D3 bekerja secara sinergis untuk memperbaiki kemampuan tubuh dalam meningkatkan respons imun yang kuat dan mengatur terjadinya peradangan yang sehat. Asupan vitamin K2 seringkali sulit terpenuhi melalui makanan. Oleh karena itu, penggunaan suplemen vitamin K2 direkomendasikan dalam keseharian, menurut Dr Myer dan rekannya Dr Grace McComsey.

3. Tetap patuh

Setiap individu perlu mempersiapkan diri untuk tetap patuh pada protokol kesehatan meski sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Jangan sampai, vaksinasi menjadi alasan untuk abai dari aturan jaga jarak fisik, penggunaan masker, hingga menghindari kerumunan, dan membersihkan tangan secara berkala.

"Saya berharap rekomendasi yangs ederhana namun efektif dan didukung penelitian ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang Anda," timpal dr Myers.

Dr Myers juga mengingatkan setiap orang untuk berkonsultasi kepada dokter bila memiliki kekhawatiran terkait vaksinasi. Dr Myers juga mendorong agar masyarakat tidak ragu untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bila giliran mereka sudah tiba.

"Vaksinasi ketika (vaksin) itu sudah tersedia untuk Anda," kata dr Myers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement