Rabu 31 Mar 2021 17:01 WIB

Masjid Jami Southsea Dirikan Klinik Vaksinasi

Klinik vaksinasi didirikan Masjid Jami Southsea

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Jami Southsea Dirikan Klinik Vaksinasi  . Foto ilustrasi: Warga Muslim lansia menerima vaksinasi Covid-19 di klinik pop-up (sementara) di Masjid London Timur di Inggris, Sabtu (6/2).
Foto: The Guardian/David Levene
Masjid Jami Southsea Dirikan Klinik Vaksinasi . Foto ilustrasi: Warga Muslim lansia menerima vaksinasi Covid-19 di klinik pop-up (sementara) di Masjid London Timur di Inggris, Sabtu (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHSEA—Ratusan orang menerima vaksinasi pertama mereka di klinik vaksinasi pop-up di Masjid Jami Southsea, Inggris. Masjid ini membuka layanan bagi siapapun yang ingin mendapatkan suntikan pertama mereka.

Klinik vaksinasi itu telah melayani 250 orang dalam sehari, dengan 30 sukarelawan medis dari Masjid Jami Southsea dan Portsmouth HIVE yang bertugas mengarahkan orang-orang ke dua tempat vaksinasi yang didirikan di dalam masjid. Pelayanan vaksinasi ini juga menuai pujian dari para pejabat kota dan tenaga medis Portsdown Group Practice karena pelayanan vaksinasinya yang cepat dan nyaman, dan mampu menyuntikkan satu dosis vaksin setiap dua menit.

Baca Juga

Charlotte Cooper, salah satu penerima vaksin juga memuji kinerja tim. Ibu rumah tangga berusia 43 tahun dari Southampton itu mengatakan, proses vaksinasi berjalan dengan sangat baik, dengan pengorganisasian yang hebat dan tim yang ramah dan bersahabat. “Saya bahkan tidak tahu saya telah melakukan suntikan. Itu sangat tidak menyakitkan dan sangat cepat. Rasanya benar-benar luar biasa memiliki vaksin saya,” kata dia yang dikutip di The News, Rabu (31/3).

Dr Ebadur Chowdhury, seorang dokter umum di Portsdown Group Practice, adalah bagian dari tim yang membagikan vaksin. Dia mengaku merasa sangat bangga dan terhormat menjadi bagian dari program vaksinasi ini. "Ini cukup sibuk, jadi saya telah memberikan vaksin kepada orang-orang setiap dua setengah menit,” kata dia.

“Semua orang telah maju. Rasanya seperti festival di sini. Orang-orang sangat bahagia, ujarnya, menambahkan bahwa salah satu fokus utama dari pusat vaksinasi baru ini adalah untuk mencoba dan mendorong komunitas minoritas untuk menerima dosis vaksin mereka."

Penelitian, yang diterbitkan awal tahun ini, mengungkapkan 72 persen orang kulit hitam atau kulit hitam Inggris mengatakan mereka tidak mungkin atau sangat tidak mungkin mendapatkan vaksinasi. Mereka yang berlatar belakang Pakistan dan Bangladesh juga adalah kelompok etnis minoritas paling ragu berikutnya, dengan 42 persen kemungkinan besar tidak mungkin atau sangat tidak mungkin untuk divaksinasi.

Dr Chowdhury menambahkan, penyerapan vaksin dalam populasi BAME (Black, ASIAN, and Minority Ethnic) lebih sedikit. “Jadi kami mencoba mendorong orang untuk maju dan melakukan vaksinasi yang tidak hanya melindungi diri Anda sendiri, tetapi juga keluarga Anda, teman Anda, dan seluruh masyarakat,” kata dia.

Mahbub Choudhury, asisten sekretaris di masjid, memimpin tiga tim relawan program vaksinasi, mengatakan, “apa yang kami perhatikan adalah banyak orang yang cukup skeptis tentang memiliki vaksin merasa jauh lebih nyaman sekarang ini dilakukan di sini.”

“Kami bahkan memiliki beberapa orang, yang berusia di atas 50 tahun dan seharusnya sudah mendapatkan vaksin beberapa minggu yang lalu, tetapi mereka belum, dan baru datang dan melakukannya sekarang. Ini adalah hal yang luar biasa dan kesempatan besar bagi orang-orang yang belum mendapatkan vaksinasi atau yang agak ragu-ragu untuk menyelesaikannya."

Anggota Parlemen Portsmouth South Stephen Morgan, yang juga turut menghadiri pembukaan program vaksinasi, memuji upaya tersebut dan mengatakan agar vaksinasi bagi komunitas BAME dan Muslim ini harus menjadi program nasional.

“Ini harus menjadi upaya nasional untuk memastikan semua orang di seluruh negeri mendapatkan vaksin dan saya sangat terkesan dengan berbagai fasilitas yang bermunculan di Portsmouth,” kata dia.

Sumel Chowdhury, koordinator Kelompok Komunitas Muslim di Portsmouth, mengatakan pusat vaksinasi mingguan terbuka untuk semua.

'Ketika kami mendirikan pusat vaksinasi ini, kami mengatakan dengan jelas pusat vaksinasi ini tidak hanya untuk orang Muslim atau untuk orang BAME. Semua orang diterima di sini,” kata dia.

Pusat ini beroperasi setiap Selasa mulai pukul 10.00 hingga 13.00 dan 14.00 hingga 17.00.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement