Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

DKI Yakin Harga Cabai Kembali Normal Saat Ramadhan

Rabu 31 Mar 2021 16:25 WIB

Red: Friska Yolandha

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menyakini harga cabai di pasaran bisa segera kembali normal, termasuk saat memasuki bulan suci Ramadhan 2021.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menyakini harga cabai di pasaran bisa segera kembali normal, termasuk saat memasuki bulan suci Ramadhan 2021.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Daerah pemasok cabai sudah mulai panen sehingga harga akan kembali normal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menyakini harga cabai di pasaran bisa segera kembali normal, termasuk saat memasuki bulan suci Ramadhan 2021. Pelaksana tugas (plt) Kepala DKPKP DKI Suharini Eliawati menjelaskan hal itu lantaran daerah pemasok cabai sudah mulai panen, mengingat pada musim hujan lalu tanaman cabai terkena imbasnya.

"Prediksi sudah mulai turun, karena daerah pemasok mulai panen," kata Suharini saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (31/3).

Baca Juga

Untuk mempercepat penormalan harga cabai, Dinas KPKP pun menggelar operasi cabai murah di sejumlah wilayah Ibu Kota bersama Kementerian Pertanian (Kementan) demi stabilisasi harga cabai yang saat ini cenderung naik. Terlebih cabai rawit merah yang saat ini mencapai Rp 101.063 per kilogram.

Tak cuma Jakarta, Kementan dan DKPKP juga menggelar operasi cabai murah di Depok dan Bogor, Jawa Barat. "Saat ini Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP)-Kementan masih melakukan gelar pangan murah (untuk cabai)," ucapnya.

Pelaksanaan operasi cabai rawit murah berlangsung pada 31 Maret hingga 6 April 2021. Harga yang dipatok sebesar Rp 32.000 per kilogram.

Untuk 31 Maret sampai 1 April dilaksanakan di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, PMT Pasae Klender, Pasar Lenteng Agung, Kelurahan Pademangan Timur, Kelurahan Tebet Barat, Rusun Pangadegan dan Rusun Daan Mogot. Kemudian 3 April sampai 4 April dilaksanakan di PMT Pasar Minggu, PMT Klender, Pasar Jatinegara, Kelurahan Manggarai Selatan, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Rusun Tipar Cakung serta Rusun Penggilingan.

Sedangkan 5 April sampai 6 April, operasi digelar di PMT Pasar Minggu, PMT Klender, Pasar Cengkareng, Kelurahan Koja, Kelurahan Pesanggrahan, Rusun Cipinang B. Selatan dan Rusun Muara Baru.

Saat ini masyarakat menjerit dengan melonjaknya harga cabai di pasaran. Harga cabai sejak beberapa bulan terakhir ini bisa mencapai Rp 90.000 per kilogram.

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta, harga cabai di Jakarta sampai tanggal 30 Maret 2021, memiliki rincian cabai merah kriting Rp 53.574 per kg, cabai merah besar Rp 56.363 per kg, cabai rawit hijau Rp 54.255 per kg, dan cabai rawit merah yang saat ini mencapai Rp 101.063 per kg.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA