Rabu 31 Mar 2021 16:47 WIB

Virgin Galactic Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Baru

Pesawat SpaceShip III VSS Imagine akan membawa manusia ke luar angkasa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
VSS Imagine
Foto: engadget
VSS Imagine

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Perusahaan penerbangan antariksa komersial Virgin Galactic meluncurkan pesawat ruang angkasa berpilot 'VSS Imagine' pada hari Selasa (30/3). Peluncuran pesawat ruang angkasa ini menandai yang pertama dari kendaraan SpaceShip III generasi berikutnya dari Virgin Galactic.

Dalam rilis berita yang menyertai rekaman video futuristik, perusahaan mengumumkan bahwa VSS Imagine, yang dibangun di fasilitas Virgin Galactic di Mojave, California, akan memulai pengujian darat dengan penerbangan luncur yang ditetapkan untuk musim panas ini.

Baca Juga

"Pesawat luar angkasa menampilkan inovasi Virgin Galactic dalam desain dan pengalaman astronot. Bayangkan juga menunjukkan kemajuan menuju desain dan produksi yang efisien, saat Virgin Galactic berupaya untuk meningkatkan skala bisnis untuk jangka panjang," tulis perusahaan itu, dilansir di Fox News, Rabu (31/3).

VSS Imagine akan memulai pengujian darat, dengan penerbangan luncur direncanakan untuk musim panas ini dari Spaceport America di New Mexico. Spaceport America adalah pusat komersial Virgin Galactic.

Dengan kapasitas untuk dua pilot dan enam anggota awak, baik VSS Imagine dan VSS Unity, lepas landas dengan menjatuhkan dari pesawat pengangkut sebelum motor roket mereka meledak dan ke atas. VSS Unity adalah pesawat ruang angkasa Virgin Galactic pertama yang memasuki layanan yang mengoperasikan sistem penerbangan luar angkasa SpaceShipTwo yang dapat digunakan kembali.

Sebuah model uji untuk kendaraan luar angkasa masa depan, Virgin Galactic mengatakan VSS Imagine dibangun untuk memungkinkan peningkatan kinerja dalam hal akses pemeliharaan dan tingkat penerbangan.

Perusahaan juga berjanji bahwa produksi akan berkembang pada VSS Inspire, kendaraan SpaceShip III kedua dalam armadanya.

"VSS Imagine and Inspire adalah kapal yang akan membawa astronot masa depan kita dalam perjalanan luar biasa ke luar angkasa, dan nama mereka mencerminkan sifat aspirasional dari penerbangan luar angkasa manusia," kata CEO Virgin Galactic Michael Colglazier.

VSS Unity dijadwalkan untuk uji terbang berikutnya pada bulan Mei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement