Rabu 31 Mar 2021 14:30 WIB

Ini Progres Pembatas Jalur Sepeda Permanen Sudirman-Thamrin

Pembatas jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin ditarget 4 ribu unit, namun...

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pengedara sepeda motor melintas di jalur sepeda permanen di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (5/3).
Foto: Prayogi/Republika.
Pengedara sepeda motor melintas di jalur sepeda permanen di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (5/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Rudi Saptari mengatakan, pemasangan planter box untuk pembatas jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat belum rampung. Rudi menyebut, pihaknya menargetkan pemasangan 4 ribu unit pembatas jalur sepeda permanen dan hingga kini, yang baru terpasang sebanyak 500 unit.

"Bahwa sekarang ini yang sudah terpasang planter box hanya sekitar 500 planter box," kata Rudi saat dihubungi, Rabu (31/3).

Rudi menjelaskan, lambatnya pemasangan pembatas tersebut lantaran masih dilakukan uji coba jalur sepeda kepada masyarakat. Selain itu, kata dia, Dishub DKI bersama Ditlantas Polda Metro Jaya masih melakukan koordinasi terkait pelaksanaan jalur sepeda.

"Jadi kita sedang bersama-sama dari kepolisian untuk memberikan pembelajaran dulu nih kepada masyarakat. Jadi mereka terbiasa untuk menggunakan lajur sepeda," jelas dia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang menyiapkan jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman- Thamrin. Pembatas berupa planter box yang terbuat dari beton pun kini mulai dipasang di lokasi itu pada Rabu (24/2).

"Saat ini sudah dalam proses konstruksi dan kita harapkan selesai bulan Maret," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement