Rabu 31 Mar 2021 13:06 WIB

Lepas Alli, Spurs Disebut Bisa Boyong Dua Pemain Sekaligus

Gaji Alli terlalu besar hingga bisa biayai dua pemain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tottenham Dele Alli bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Tottenham Hotspur di Stadion Emirates di London, Inggris, Minggu, 14 Maret 2021.
Foto: AP/Julian Finney/Pool Getty
Tottenham Dele Alli bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Tottenham Hotspur di Stadion Emirates di London, Inggris, Minggu, 14 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Mantan penyerang Leeds United, Noel Wheelan, menilai, peluang Dele Alli untuk kembali menghuni tim inti Tottenham Hotspur pada sisa musim ini semakin tipis, terutama usai The Lilywhite tersingkir di babak 16 besar Liga Europa, pertengahan bulan ini. Alhasil, Alli pun disebut-sebut bakal dilepas oleh Spurs pada bursa transfer musim panas mendatang. 

Terlebih, dengan melepas gelandang serang berusia 24 tahun itu, Spurs bisa sedikit meringankan beban keuangan klub, termasuk dengan mengurangi beban gaji pemain. Alli, yang masih terikat kontrak bersama Spurs hingga 2024, diketahui mendapatkan gaji sekitar 5,2 juta pound per musim. 

Dengan besaran gaji ini, Alli menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di skuat The Lilywhites pada saat ini. Wheelan pun menilai, apabila bisa melepas Alli, kemungkinan buat Spurs untuk bisa merekrut dua pemain sekaligus pada bursa transfer pada musim panas mendatang kian terbuka lebar. Pasalnya, alokasi gaji yang saat ini diterima Alli, tutur Wheelan, bisa digunakan untuk menggaji dua pemain sekaligus. 

''Ini bukan soal nilai transfer. Ini selalu soal besaran gaji pemain. Apakah Anda bisa mengelolanya dengan baik. Gaji Alli mungkin bisa digunakan untuk menggaji dua pemain sekaligus, termasuk (Nicolas) Gonzalez, yang kerap disebut-sebut sebagai pemain incaran Spurs,'' kata Wheelan seperti dilansir Football Insider, Rabu (31/3). 

Nama penyerang Stuttgart, Nicolas Gonzalez, memang muncul sebagai salah satu pemain incaran utama Spurs pada bursa transfer musim panas mendatang. Pada musim ini, penyerang berusia 22 tahun itu berhasil mencetak enam dan dua assist dari 17 penampilan di semua ajang. 

Kabarnya, Stuttgart siap melepas Gonzalez dengan nilai transfer mencapai 27 juta pound. Dari gaya permainan, Gonzalez memiliki sedikit kesamaan dengan Alli. Meski berposisi asli sebagai penyerang tengah, Gonzalez bisa pula ditempatkan sebagai penyerang lubang, winger kiri, dan gelandang serang. 

Selain itu, Wheelan juga menyebut, peluang Alli untuk bisa kembali mengamankan posisi di tim inti Spurs juga semakin tipis. Apalagi pada musim ini, Spurs tinggal berkiprah di dua kompetisi, Liga Primer Inggris dan Piala Liga Inggris. Bahkan, di pentas Piala Liga Inggris, Spurs tinggal melakoni satu laga lagi. 

Tipisnya kemungkinan buat Alli untuk merumput sebagai bagian kebijakan rotasi pemain, yang diterapkan pelatih Jose Mourinho, pada sisa musim ini membuat Spurs dinilai kian yakin melepas Alli pada akhir musim ini. 

''Spurs sudah tidak perlu lagi melakukan rotasi pemain guna bisa menurunkan pemain-pemain terbaiknya di pentas Liga Primer Inggris. Karena itu, saat ini bisa dibilang lebih mudah buat Spurs untuk melepaskan di bursa transfer,'' kata Wheelan. 

Alli sebenarnya sempat dikabarkan bakal hengkang dari Spurs pada pertengahan musim ini. Jebolan tim junior Milton Keynes Dons itu digadang-gadang bakal bergabung ke Paris Saint Germain (PSG) sebagai pemain pinjaman. Namun, hingga bursa tranfer Januari resmi ditutup, kedua klub tidak menemui kata sepakat terkait skema kepindahan dan nilai kompensasi peminjaman Alli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement