Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Southgate Yakin Isu Transfer tak Pengaruhi Performa Kane

Rabu 31 Mar 2021 09:26 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Harry Kane

Harry Kane

Foto: EPA-EFE/Malton Dibra
Kiprah Kane di Spurs mulai menemui jalan buntu seiring nirtrofi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menegaskan, tetap yakin dengan komitmen dan fokus Harry Kane dalam memperkuat timnas Inggris di tengah berbagai rumor soal kepindahannya dari Tottenham Hotspur pada bursa transfer akhir musim ini. Bahkan, Southgate berani memastikan, Kane berniat bertahan bersama Tottenham Hotspur. 

Kendati kontraknya bersama Spurs baru berakhir pada 2024 mendatang, Kane tetap dikabarkan menjadi incaran sejumlah klub-klub besar Eropa. Dari Liga Primer Inggris, dua klub asal Manchester, Manchester City dan Manchester United, dikabarkan terus berharap bisa merekrut striker berusia 27 tahun itu. 

Selain itu, rumor ketertarikan dua klub raksasa La Liga, Barcelona dan Real Madrid, terhadap Kane juga tidak pernah reda. Keengganan Kane untuk mengomentari berbagai rumor ketertarikan klub-klub tersebut pun malah membuat rumor kepindahannya dari Spurs pada akhir musim ini terus beredar. 

Kendati begitu, Southgate yakin, berbagai isu kepindahan tersebut tidak akan mengganggu performa Kane bersama timnas Inggris. Bahkan, eks gelandang timnas Inggris itu mengaku, Kane memiliki ambisi besar bersama Spurs, terutama untuk bisa meraih titel bergengsi pada akhir musim ini. 

''Dia sangat fokus. Seperti kepada semua pemain di tim ini, saya melakukan pembicaraan dengan dirinya. Dia bahkan begitu antusias saat menyebut posisi Spurs saat ini, hanya terpaut beberapa poin dari zona Liga Champions, dan bakal tampil di partai final Piala Liga,'' tutur Southgate seperti dilansir Sky Sports, Rabu (31/3). 

Southgate pun merujuk pada performa terakhir Kane bersama The Three Lions, tepatnya kala Inggris mencukur Albania, 2-0, di laga kedua penyisihan Grup I Kualifikasi Piala DUnia Zona Eropa, akhir pekan lalu. Di laga tersebut, Kane berhasil menyumbang satu gol dan satu assist. 

''Saya tidak khawatir dengan fokus dan komitmen Kane untuk tim ini. Dia adalah pemain yang profesional. Fokus utama dia saat ini adalah untuk bisa tampil maksimal di sesi latihan serta di laga berikutnya. Dia bisa mengesampingkan berbagai rumor itu,'' kata Southgate. 

Rencananya, The Three Lions akan kembali merumput saat menerima lawatan Polandia di Stadion Wembley pada laga ketiga penyisihan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Kamis (1/4) dini hari WIB. Dengan menilik performa Kane di laga kontra Albania, top skorer di gelaran Piala Dunia 2018 itu agaknya bakal kembali menjadi andalan Southgate di lini depan The Three Lions.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA