Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Wapres Resmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh

Selasa 30 Mar 2021 22:07 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Presiden saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (30/3).

Wakil Presiden saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (30/3).

Foto: istimewa
Wapres berharap bandara Haji Muhammad Sidik berkontribusi terhadap ekonomi dan wisata

REPUBLIKA.CO.ID, BARITO UTARA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menegaskan, pembangunan infrastruktur yang termasuk bandar udara (bandara) merupakan salah satu program prioritas nasional sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan perekonomian secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

NKRI ini, lanjut Wapres, tidak hanya mewujudkannya dalam bentuk kesatuan politik, sebagai satu negara dan satu bangsa, tapi juga kesatuan dalam arti geografis, yaitu agar seluruh wilayah Republik Indonesia bisa terkoneksi dan terakses.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Bandar Udara Haji Muhammad Sidik ini resmi beroperasi," kata Wakil Presiden saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (30/3).

Wapres berharap bandara ini dapat berkontribusi positif bagi masyarakat dan pergerakan ekonomi, industri wisata, pertambangan batu bara, emas, juga kelapa sawit di Kalimantan Tengah. Bandara ini merupakan upaya pemerintah meningkatkan konektivitas udara. 

Wapres mengapresiasi Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang mendukung pembangunan bandara dengan mengusung kearifan lokal rumah adat betang dan motif Saluang Teweh.

Peresmian Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh ini ditandai secara simbolis dengan pemukulan gendang dan penandatanganan prasasti oleh Wapres. Tampak mendampingi Wapres,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Sejumlah pejabat daerah juga terlihat, seperti Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya, Bupati Barito Utara Nadalsyah, dan Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA