Selasa 30 Mar 2021 21:49 WIB

Pecundangi Arema, PSIS Lolos ke Perempatfinal Piala Menpora

PSIS menang 3-2 atas Arema FC di Stadion Manahan, Solo

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Pemain PSIS Semarang Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/3/2021). Pada pertandingan tersebut PSIS Semarang menang dengan skor 3-2 dan memastikan lolos ke babak delapan besar.
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Pemain PSIS Semarang Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/3/2021). Pada pertandingan tersebut PSIS Semarang menang dengan skor 3-2 dan memastikan lolos ke babak delapan besar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PSIS Semarang tampil impresif pada laga pamungkas  Grup A, Piala Menpora 2021. Laskar Mahesa Jenar unggul 3-2 atas Arema FC di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3) malam WIB. Kemenangan ini membuat Hari Nur Yulianto dan rekan-rekan lolos ke perempatfinal.

PSIS tampak pelan mengalirkan bola sejak awal pertandingan. Berbeda dengan Arema yang langsung menunjukkan agresivitas.

Pada menit kelima winger Singo Edan, Feby Eka Putra membuat tembakan dari luar kotak penalti. Upaya pemain kelahiran Sidoarjo itu masih bisa diantisipasi kiper Mahesa Jenar, Jandia Eka Putra.

Empat menit berselang, anak-anak Malang memecah kebuntuan. Sebuah penetrasi Dedik Setiawan, berbuah manis.

Saat memasuki kotak penalti, ia lantas melepaskan sepakan keras. Bola tendangan Dedik mengenai bek PSIS, Fredyan Wahyu, dan merobek jala Jandia.

Tersengat situasi tersebut, Laskar Mahesa Jenar mencoba merespon. Namun skuat polesan Dragan Đukanovic belum menunjukkan skema permainan efektif. Beberapa kali Safrudin Tahar cs melepaskan umpan lambung yang bisa diantispasi lini belakang lawan.

Memasuki menit ke-20, alur serangan PSIS terlihat lebih berbahaya. Anak-anak semarang berupaya menekan dari kedua sayap. Pergerakan winger kanan Mahesa Jenar, Komarudin, cukup merepotkan para pemain bertahan Singo Edan.

Namun justru Arema nyaris memperlebar jarak pada menit ke-24. Berawal dari serangan balik, Bruno Smith mendapatkan umpan terukur dari Dedik di depan kotak penalti PSIS. Hanya saja, sontekan Bruno masih terlalu lemah bagi Jandia.

Pada menit ke-36, gelandang Mahesa Jenar, Finky Pasamba berpeluang menyamakan kedudukan. Tembakan jarak jauh Finky melenceng tipis dari sasaran.

Pada penghujung babak pertama, Feby Eka hampir saja menambah keunggulan timnya. Kali ini plesing kaki kiri pemain yang dipinjam dari Persija Jakarta itu melambung dari sasaran.

Beberapa detik menjelang turun minum, Komarudin sukses membobol gawang Arema. Ia merobek jala Utam Rosdiana setelah memanfaatkan umpan tendangan bebas Fandi Eko Utama.

Bola kemelut lantas disambar sang winger. Skor 1-1 bertahan hingga jeda. Setelah istirahat, kedua tim langsung tancap gas. Jual beli serangan diperakan  Arema dan PSIS.

Pada menit ke-62, laskar Mahesa Jenar berbalik unggul lewat tendangan bebas Pratama Arhan. Sepakan Arhan melengkung melewati pagar hidup lawan hingga membobol gawang Utam.

Lima menit berselang, Singo Edan memperoleh kesempatan untuk menyamakan kedudukan melalui penalti. Dedik Setiawan yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik pada menit ke-67.

Sontekan jebolan Persekam Metro FC itu tak mampu diantisipasi Jandia. Petaka datang bagi Arema. Cedera membuat penyerang Kushedya Hari Yudo harus ditarik keluar pada menit ke-75.

Meski demikian, anak-anak Malang, tetap menaikkan intensitas tekanan. Malang bagi Singo Edan. Pada menit ke-90, gawang tim tersebut justru kebobolan.

Berawal dari serangan balik, pemain pengganti PSIS, Riyan Ardiansyah berhasil membobol gawang Arema dari jarak dekat. Di sisa waktu tak terlihat perubahan berarti.

Skor 3-2 untuk Mahesa Jenar bertahan hingga pertandingan usai. Dengan demikian anak asuh Dragan Dukanovic lolos ke tahapan selanjutnya menyusul langkah Barito Putera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement