Selasa 30 Mar 2021 21:24 WIB

BTS Kecam Kejahatan Rasial ke Warga Asia di AS

BTS juga pernah menjadi korban rasis serta diejek karena penampilan mereka.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Grup boyband BTS
Foto: Istimewa
Grup boyband BTS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Superstar K-pop BTS mengecam tindakan rasis yang menyasar warga keturunan Asia di Amerika. Boy band yang sukses membawa pengaruh di kancah musik global itu, juga mengirimkan ucapan belasungkawa kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai.

Kecaman dan belasungkawa disampaikan lewat akun media sosial resmi mereka. "Kami mengirimkan belasungkawa terdalam kami kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai. Kami merasa sedih juga marah,” kata band yang menduduki puncak tangga lagu itu.

Baca Juga

Dalam pernyataan resminya, Boy band yang digawangi RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook juga mengatakan bahwa mereka pernah menjadi korban rasis serta diejek karena penampilan mereka. Pengalaman pahit itu membuat BTS merasa tidak berdaya dan kehilangan harga diri.

“Kami ingat saat-saat ketika menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia. Kami telah menahan diri atas ejekan tak berdasar, hanya karena penampilan kami. Kami bahkan ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris,” kata BTS seperti dilansir dari Belfast Telegraph pada Selasa (30/3).

Meski pernah menjadi korban rasis tetapi BTS merasa pengalaman yang dialami tidak separah insiden beberapa pekan terakhir ini. Pada 16 Maret, di Atlanta Georgia, AS, terjadi sebuah serangan yang menewaskan delapan orang, enam di antaranya warga keturunan Asia.

“Apa yang terjadi saat ini tidak dapat dipisahkan dari identitas kami sebagai orang Asia. Kami menentang diskriminasi rasial. Kami mengutuk kekerasan. Kita semua memiliki hak untuk dihormati dan berdiri sejajar,” kata BTS.

Mereka juga menambahkan tagar #StopAsianHate dan #StopAAPIHate. BTS memiliki banyak pengikut di media sosial dan pernyataan mereka di retweet lebih dari 600 ribu kali kurang dari tiga jam setelah diposting.

AAPI adalah singkatan Asian American and Pacific Islanders. Kelompok advokasi Stop AAPI Hate menerima lebih dari 2.800 laporan insiden kebencian yang melibatkan orang Asia di Amerika tahun lalu.

Bintang lain yang mengecam kejahatan rasial terhadap warga Asia termasuk Rihanna, aktor Daniel Dae Kim, aktris Olivia Munn dan pembuat film Lee Isaac Chung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement