Rabu 31 Mar 2021 00:36 WIB

RS Unand Targetkan Naik Jadi Tipe B

RS Unand sudah memperoleh akreditasi paripurna bintang 5 pada Desember tahun 2018.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Suasana operasi di rumah sakit (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Suasana operasi di rumah sakit (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Direktur Rumah Sakit Universitas Andalas Dr Yevri Zulfiqar mengatakan saat ini izin operasional RS Unand masih tipe C. Ia menargetkan dalam waktu dekat, dapat segera naik kelas menjadi tipe B seiring berbagai upaya peningkatan yang terus dilakukan manajemen rumah sakit.

"Dalam perjalanannya Rumah Sakit Universitas Andalas sudah memperoleh akreditasi paripurna bintang 5 pada Desember tahun 2018 lalu, namun saat ini izin operational masih tipe C. Kedepan akan naik tingkat jadi tipe B, kalau diliat dari bangunannya minimal tipe B atau A," kata Yevri, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (30/3).

Baca Juga

Yevri menjelaskan RS Unand sudah berusia 4 tahun. Pada awal tahun 2018 kunjungan pasien masih sepi, dengan rata-rata kunjungan hanya mencapai 100 orang perbulan. Penyebabnya menurut Yevri karena jauh dan belum maksimal promosi. Sampai sebelum pandemi kunjungan pasien sudah mencapai 250 orang pasien perhari.

Selama pandemi Rumah Sakit Universitas Andalas menjadi Rumah Sakit rujukan covid. Saat sudah jadi RS rujukan covid, mereka mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Padang dengan 12 tempat tidur hingga sekarang sudah menyediakan 77 tempat tidur.

“Dengan peran serta kita semua dan Laboratorium Fakultas Kedokteran, sekarang Rumah Sakit Universitas Andalas tidak hanya dikenal di Sumatera namun juga sudah dikenal ditingkat nasional dan sudah setara dengan Rumah Sakit PTN lainnnya di Indonesia,” ujar Yevri.

Rektor Universitas Andalas Yuliandri menyebut pihak kampus sudah melakukan berbagai upaya telah dilakukan dalam proses akreditasi sehingga mencapai paripurna bintang 5 membawa konsekuensi optimalisasi pelayanan. Rektor mendukung secara keseluruhan upaya untuk meningkatkan perubahan status dari tipe C menjadi tipe B.

Di samping itu, Rektor juga berharap doa dan dukungan bersama dengan proses peralihan status Universitas Andalas nanti menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Karena perubahan status kampus menjadi PTN BH dapat mempermudah pengelolaan Rumah Sakit stuktur organisasi yang ada.

"Di hari ulang tahun ini, Rumah Sakit Universitas Andalas juga menerima bantuan dari Bank Nagari 1 unit ambulance yang merupakan komitmen bersama terutama dalam memberikan layanan kesehatan," ucap Yuliandri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement