Selasa 30 Mar 2021 17:55 WIB

Tahan Imbang Persikabo, Barito Putera Lolos ke Semifinal

Barito dan Persikabo bermain imbang 2-2 di Stadion Manahan, Solo

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Arema FC Moch Sandy Ferizal (kiri) berusaha melewati hadangan pemain Barito Putera Luthfi Kamal (kanan) pada pertandingan Sepak bola Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/3/2021). Barito Putera menang dengan skor 2-1.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Pemain Arema FC Moch Sandy Ferizal (kiri) berusaha melewati hadangan pemain Barito Putera Luthfi Kamal (kanan) pada pertandingan Sepak bola Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/3/2021). Barito Putera menang dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Barito Putera menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal usai menahan imbang Persikabo. Skor 2-2 terjadi di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3).

Dalam laga ini baik Persikabo dan Barito Putera membuat rotasi dari skuadnya. Persikabo masih mempercayakan lini serang pada Dimas Drajad dan menyimpan Ciro di bangku cadangan.

Sementara Barito Putera menurunkan Bissa Donald dan Cassio dari babak pertama. Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman pun tetap mempercayakan Rizky POra sebagai kapten sore itu.

Jalannya laga, babak pertama dimulai dengan tekanan yang diberikan oleh Persikabo di lini pertahanan Barito Putera. Barito Putera lebih memilih untuk bermain bertahan seteah Firza dan Abduh menekan lini pertahanan mereka. Barito Putera mengandalkan serangan balik meski terkena jebakan offside.

Menit 24 Rizky Pora secara mengejutkan shooting bola ke arah gawang Syahrul meski masih meleset. Menit 36, Dani mengeksekusi umpan dari Wawan dengan tendangan voli dan menjebol gawang Riyandi. Skor menjadi 1-0 atas keunggulan Persikabo.

Unggul satu gol membuat Persikabo mempercepat ritme permainan. Menit 39, Bayu Pradana melepas peluang dari tendangan bebas setelah bola melambung di atas mistar gawang. Lima menit laga terakhir diisi saling serang oleh kedua tim.

Jelang akhir babak pertama, Persikabo memiliki dua peluang dari tendangan pojok meski akhirnya berhasil diantisipasi Barito Putera. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 dari keunggulan Persikabo.

Babak kedua diawali dengan serangan bertubi-tubi dari Barito Putera. Hasilnya tendangan pojok Bayu Pradana berhasil dieksekusi dengan baik oleh Cassio dan menjebol gawang Persikabo. Skor berubah menjadi 1-1 di menit 47.

Belum dua menit gol Barito Putera, Persikabo berhasil menambah keunggulan dari tendangan bebas Wawan yang dimanfaatkan dengan baik oleh Andi. Skor kembali berubah 2-1 untuk keunggulan Persikabo.

Menit 57, Alif berusaha menendang bola dari luar kotak penalti meski masih bisa ditahan kiper Persikabo. Intensitas laga semakin memanas dengan aksi saling serang dari kedua tim.

Usai cooling break, Barito Putera mencoba untuk menekan lini pertahanan Persikabo. Menit 83, Riyandi berhasil menghalau tendangan keras Ciro dan menghasilkan tendangan pojok bagi Persikabo. Firli menjebol gawang Persikabo dari tendangan jauh dan keras. Skor 2-2 berubah imbang untuk kedua tim.

Wasit memberikan tambahan waktu enam menit. Sayangnya Persikabo gagal menambah gol untuk memenangkan pertandingan. Laga berakhir dengan skor 2-2 untuk hasil imbang kedua tim. Atas hasil ini Barito Putera memastikan diri untuk tampil di babak semifinal Piala Menpora dengan lima poin.

Daftar Susunan Pemain

Barito Putera: Muhammad Riyandi, Bagas Kaffa, Cassio Fransisco De Jesus, Muhamad Firli, M. Rifqy Suryawan, Bayu Pradana, Luthfi Kamal, Alif Jaelani, Abrizal Umanailo, Rizky Pora, Bissa Donald

Persikabo: Syahrul Trisna, Andy Setyo, Didik Wahyu, Firza Andika, Abduh Lestaluhu, M. Rifad Marasabessy, Ahmad Nufiandani, M. Guntur Triaji, Roni Sugeng Ariyanto, Wawan Febriyanto, dan Dimas Drajad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement