Selasa 30 Mar 2021 15:09 WIB

HNW tak Bisa Pastikan PKS Dukung Anies di Pilpres

HNW prediksi peserta Pilpres 2024 tidak akan lebuh dari tiga calon.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Foto: MPR
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) memprediksi peserta Pilpres 2024 tak akan lebih dari tiga Calon Presiden (Capres). HNW menyinggung aturan Presidential Threshold (PT) 20 persen yang menyulitkan Pilpres 2024 agar diikuti banyak pasangan.

HNW menyatakan PKS ingin agar PT perlu diturunkan meski tak perlu sampai nol persen. Tujuannya menambah peluang pasangan yang berkompetisi di Pilpres 2024.

Baca Juga

"Pilpres masih lama ya jadi Capres juga harus 20 persen Presidential Threshold akan terjadi limitasi calon. Harusnya dibuka walau tidak 0 persen. Tapi mayoritas parpol pemerintah blok di 20 persen," kata HNW pada Republika.co.id, Selasa (30/3).

HNW menyebut dengan PT 20 persen maka tidak mudah bagi parpol untuk mencalonkan pasangannya sendiri. Meski pun masing-masing parpol sudah punya paslonnya tetap dibutuhkan koalisi guna mencukupi PT.

"Masih sangat dinamis walau beberapa ketua umum parpol juga sudah bertemu," ujarnya.

Di sisi lain, HNW menyinggung Anies Baswedan yang elektabilitasnya tertinggi versi survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Ia meyakini Anies dapat meraih suara anak muda di 2024 sesuai prediksi IPI.

"Tapi ada jeda 2023 tidak ada jabatan publik, pak Anies harus jaga elektabilitas dan prestasinya," ucap HNW.

Walau demikian, ia tak bisa memastikan 100 persen bahwa PKS akan mendukung Anies di 2024. Sebab PKS ingin mencalonkan sendiri kadernya. "PKS juga bisa calonkan kadernya entah sebagai capres atau cawapres. Kami berjuang ajukan calon sesuai hasil munas," pungkas HNW.

Diketahui, IPI melakukan simulasi terhadap 17 nama calon presiden dalam survei nasional anak muda pada Maret 2021. Hasilnya, Anies Rasyid Baswedan (15,2 persen), Ganjar Pranowo (13,7 persen), dan Ridwan Kamil atau Kang Emil (10,2 persen) menjadi tiga tokoh teratas yang dipilih anak muda jika pemilihan presiden dilakukan sekarang.

Adapun survei Charta Politica menunjukkan Prabowo Subianto berada di urutan pertama Capres terpilih dengan 22,2 persen. Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan presentase 20 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,2 persen. Urutan capres pilihan masyarakat berikutnya yakni Sandiaga Uno dengan tingkat keterpilihan sebesar 12,7 persen dan Ridwan Kamil 9,2 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement