Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Hujan Tembakan 3 Angka Amankan Kemenangan Bima Perkasa Jogja

Selasa 30 Mar 2021 13:44 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Bima Perkasa Jogja Indra Muhammad melepaskan tembakan tiga angka saat melawan Satya Wacana Saints Salatiga.

Pemain Bima Perkasa Jogja Indra Muhammad melepaskan tembakan tiga angka saat melawan Satya Wacana Saints Salatiga.

Foto: IBL Indonesia
Bima Perkasa menjaga peluang ke play-off IBL dengan kemenangan 69-60 atas The Saints.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bima Perkasa Jogja mengamankan kemenangan penting dalam upaya merebut tiket play-off di IBL 2021. Bima Perkasa mengalahkan Satya Wacana Saints Salatiga 69-60 pada hari kelima Seri 3 yang berlangsung di Robinson Resort Cisarua Bogor, Selasa (30/3) siang.

Tembakan tiga angka bertubi-tubi di kuarter akhir menjadi penentu kemenangan Bima Perkasa setelah bermain ketat selama tiga kuarter. Bima Perkasa unggul tipis 12-10 pada kuarter pertama dan 27-26 saat halftime. Pertarungan sengit berlanjut di kuarter ketiga yang berakhir dengan skor imbang 37-37.

Namun angin kemenangan berembus ke Bima Perkasa ketika Indra Muhammad melesakkan dua tembakan tiga angka yang langsung direspons pelatih The Saints Efri Meldi dengan timeout. Anthony Erga membalas dengan tembakan dua poin untuk membuat skor menjadi 43-39. Namun Indra dan Azzaryan Pradhitya kembali melepas tembakan tiga angka tepat sasaran yang membuat Bima Perkasa kembali menjauh.

Dalam kedudukan 49-41 setelah Erga menambah angka untuk The Saints lewat free throw, giliran Rachmad Febri Utomo beraksi. Three point play dan tembakan tiga angka Febri membuat selisih skor menjadi 55-41. 

Namun bukan The Saints namanya jika menyerah begitu saja. Saat waktu tersisa 2 menit 49 detik, The Saints merapatkan jarak menjadi tujuh poin 54-61, dengan three point play Alexander Franklin. Tapi, keunggulan Bima Perkasa kembali melebar setelah Ali Mustofa melesakkan tembakan tiga angka.

Upaya keras The Saints yang memeragakan full court press man to man di pengujung laga untuk mengejar ketertinggalan dihentikan oleh Indra saat waktu kurang dari satu menit. Tembakan tiga angkanya membuat Bima Perkasa unggul 69-57. Dengan waktu tersisa, Bima Perkasa bermain sabar menghabiskan waktu serang untuk mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir dengan skor 69-60.

"Ini kemenangan yang amat besar untuk kami dalam upaya meraih tiket play-off, terlebih waktu istirahat yang kurang dari 24 jam dari game sebelumnya. Kredit untuk para pemain yang tampil dengan energi luar biasa dan bekerja keras dalam pertandingan ini. Kredit juga kepada Satya Wacana, tim tangguh yang selalu bertarung keras dalam setiap pertandingan. Permainan besar di akhir pertandingan membuat kami mengamankan kemenangan," kata pelatih Bima Perkasa David Singleton. 

Sementara Indra Saya berterima kasih kepada rekan-rekannya yang membantunya dan bersama-sama berjuang untuk meraih kemenangan. "Banyak pembelajaran di game ini, kami juga membuat foul nggak penting yang harus diperbaiki ke depan," kata Indra yang total mengemas 28 poin pada gim ini.

Krusialnya tembakan tiga angka ini diakui Anthony. "Kami kebobolan shooting tiga angka Indra yang membuat selisih skor menjadi jauh," kata Anthony yang mencetak 15 angka, tertinggi di timnya, pada laga ini.

Bima Perkasa kini mengoleksi enam kemenangan dari 11 pertandingan, bersaing dengan Louvre Dewa United, Bali United Basketball, dan Pelita Jaya Bakrie yang sudah mengumpulkan tujuh kemenangan. Bima Perkasa menyisakan lima pertandingan, sama dengan Louvre. Bali United menyisakan enam pertandingan, dan Pelita Jaya masih bermain delapan kali lagi.

Adapun peluang The Saints belum tertutup meskipun amat berat karena baru mengoleksi empat kemenangan dengan lima laga tersisa. "Kami tetap menjaga energi positif. Kalau soal masuk play-off itu bonus buat kami. Yang paling utama kami akan berjuang habis-habisan dalam game tersisa dengan energi yang sama. Kami janjikan tim-tim harus berjuang keras jika ingin mengalahkan kami," kata Meldi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA