Selasa 30 Mar 2021 13:07 WIB

Joanna Wroneck Ditunjuk Jadi Utusan Khusus PBB untuk Lebanon

Joanna Wronecka akan menggantikan Duta Besar Jan Kubis dari Slovakia.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera PBB
Foto: ist
Bendera PBB

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Duta Besar Polandia untuk PBB ditunjuk sebagai Utusan Khusus PBB di Lebanon. Joanna Wronecka akan menggantikan Duta Besar Jan Kubis dari Slovakia.

"(Sekretaris Jenderal PBB) Antonio Guterres sudah memberitahu Dewan Keamanan atas niatnya menunjuk Joanna Wronecka sebagai Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon dan Dewan Keamanan sudah memberikan 'persetujuan'," kata seorang diplomat yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip Alarabiya, Selasa (30/3).

Baca Juga

Tidak ada anggota Dewan Keamanan yang menolak penunjukan tersebut. Diplomat tersebut mengatakan Dewan Keamanan sudah memberikan lampu hijau atas keputusan tersebut sejak pekan lalu.

Sementara itu, penunjukkan resmi akan segera diumumkan. Wronecka menggantikan Kubis yang baru-baru ini ditunjuk sebagai Utusan Khusus PBB untuk Libya.

Wronecka yang berusia 63 tahun sudah habiskan karirnya selama puluhan tahun di negara-negara Afrika utara dan Timur Tengah. Sejak 2017, ia bekerja di New York. Majelis Umum PBB menugaskan dia untuk melanjutkan negosiasi reformasi Dewan Keamanan guna menambah anggota baru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement