Selasa 30 Mar 2021 11:58 WIB

Kapal Pertama Berhasil Melewati Terusan Suez

Kapal asal Hong Kong "YM Wish’’ menjadi kapal pertama yang keluar dari Terusan Suez

Rep: Zainur mahsir Ramadhan/ Red: Esthi Maharani
Sebuah kapal kontainer mulai bergerak di Terusan Suez, Mesir, 29 Maret 2021.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Sebuah kapal kontainer mulai bergerak di Terusan Suez, Mesir, 29 Maret 2021.

IHRAM.CO.ID, KAIRO — Berdasarkan laporan, kapal asal Hong Kong "YM Wish’’ yang terjebak macet di Terusan Suez, menjadi kapal pertama yang bisa keluar dari jalur itu. Kapal tersebut sempat tersendat di Terusan Suez setelah berhari-hari mengalami ‘kemacetan’ karena kontainer Ever Given memblokir jalur utama.

The New York Times melaporkan bahwa YM Wish diizinkan melalui jalur air tersebut sekitar pukul 01:15 GMT. Kapal itu langsung menuju ke Laut Merah dan pelabuhan Saudi di Jeddah.

Mengutip Sputnik, Selasa (30/3) beberapa kapal lainnya juga sukses menyeberangi terusan dengan mengikuti YM Wish. Dikatakan oleh kepala Otoritas Terusan Suez, Osama Rabie, pada pukul 8 pagi [Selasa] pagi [06:00 GMT], 113 kapal akan melewati kanal di kedua arah.

Sebelumnya, dalam insiden tak terduga, kapal kontainer Ever Given telah memblokir jalur air utama yang menghubungkan Asia dan Eropa selama hampir sepekan. Hal itu, memicu kerugian hingga USD 15 juta setiap hari dan memaksa lebih dari seratus kapal untuk menunggu sampai mereka dapat melintasi saluran tersebut.

 

Namun demikian, dari insiden itu Otoritas Terusan Suez mengatakan tidak memiliki rencana untuk melarang kapal kontainer seukuran Ever Given. Menurut mereka, juga tidak ada kesalahan kanal dalam apa yang terjadi. Ironisnya, sebuah kapal yang jauh lebih besar dari Ever Given melewati kanal sesaat sebelum kecelakaan tanpa menimbulkan masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement