Selasa 30 Mar 2021 08:31 WIB

Mafia Italia Berhasil Ditangkap Usai Tampil di Video Masak

Marc Feren Claude Biart diduga jterlibat kelompok kejahatan Ndrangheta.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Ditangkap (ilustrasi).
Ditangkap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Polisi Italia berhasil menangkap mafia yang lama buron setelah muncul di sebuah video masak di Youtube. Marc Feren Claude Biart yang buron selama tujuh tahun dan tinggal di Boca Chica, Republik Dominika diduga anggota kelompok kejahatan Ndrangheta.

Seperti dikutip dari Stuff, Selasa (30/3) polisi berhasil menangkapnya setelah mengenali tatonya di sebuah video kuliner di Youtube. Jaksa Italia memerintahkan penangkapan Biart pada 2014 lalu ketika ia ingin menyelundupkan kokain ke Belanda untuk klan Cacciola dari kelompok mafia Ndrangheta.

Baca Juga

Ndrangheta salah satu kelompok kejahatan yang paling kuat di dunia. Mereka menguasai sebagian besar distribusi kokain ke Eropa. Kini 335 anggota mafia dan pejabat didakwa dalam sidang Italia mafia terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Sidang yang dibuka pada bulan Januari lalu diperkirakan akan berlangsung selama dua tahun.

Sidang itu menghadirkan 900 saksi. Pada pra-sidang jaksa butuh dua jam untuk membacakan nama para terdakwa. Mereka didakwa atas pasal pembunuhan, penyelundupan narkoba, pemerasan dan pencucian uang.

The Guardian melaporkan anggota Ndrangheta lainnya Francesco Pelle ditangkap di Portugal. Pelle telah melarikan diri dari kejaran polisi selama lebih dari sepuluh tahun.

Ia ditangkap di Lisbon di mana ia menerima pengobatan Covid-19. Pelle tokoh kunci dalam perselisihan keluarga yang mengarah pada pembunuhan enam orang pada 2007 lalu.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement