Selasa 30 Mar 2021 07:12 WIB

Pembayun: Vaksinasi di Bulan Ramadhan Tetap Berjalan

Masyarakat diharapkan dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setjaningastuti.
Foto: Neni Ridarineni.
Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setjaningastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY sudah memutuskan untuk melaksanakan program vaksinasi Covid-19 selama Bulan Ramadhan 2021. DIY optimistis pelaksanaan vaksinasi ini akan tetap berjalan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembayun Setyaningastutie mengatakan, sasaran penerima vaksinasi di Ramadhan tentu tidak sebanyak di luar Bulan Ramadhan. Suntikan vaksin pun juga hanya dilakukan pagi hari.

Hal ini, kata dia, agar menghindari terjadinya hipoglikemia atau kurangnya kadar gula darah pada manusia. "Kalau pelaksanaannya malam hari, ya habis buka puasa, kasihan pasien dan nakesnya. Kami optimistis masih tetap jalan (vaksinasi)," kata Pembayun, Senin (29/3).

Pembayun menuturkan, saat ini jumlah vaksin Covid-19 yang ada di DIY masih mencukupi. Dalam artian, jumlah vaksin yang disimpan di Gudang Farmasi Dinkes DIY masih cukup untuk pelaksanaan vaksinasi massal selanjutnya. "Hari ini kurang lebih masih 1.750-an vial atau sekitar 17 ribu dosis vaksin," ujar Pembayun.

Tetap dilakukannya vaksinasi di Bulan Ramadhan dengan tujuan mempercepat vaksinasi. Hal ini juga bagian dari upaya untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Ia juga berharap, agar program vaksinasi ini didukung oleh seluruh pihak. Terutama masyarakat, yang diharapkan dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin.

Sehingga, seluruh tahapan vaksinasi Covid-19 dapat berjalan dengan lancar. "Pada prinsipnya satu, masukkan data dulu. Kalau tidak masuk mau dihitungnya bagaimana. Ketika data pertama sudah disedot, kami akan masukkan aplikasi," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement