Ramadhan Kian Dekat, Begini Cara Membuatnya Lebih Baik

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 06 Apr 2021 05:55 WIB

Ramadhan Kian Dekat, Begini Cara Membuatnya Lebih Baik Foto: Wikipedia Ramadhan Kian Dekat, Begini Cara Membuatnya Lebih Baik

Capaian tertinggi dari ibadah puasa adalah peningkatan ketaqwaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan yang ditunggu-tunggu umat Islam akan datang dalam waktu dekat. Setiap Muslim tentunya menginginkan agar bulan terbaik dalam Islam pada tahun ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Untuk mencapai peningkatan yang lebih baik tersebut, ada langkah atau cara terbaik yang perlu diketahui seorang Muslim, tentunya dengan cara-cara yang sesuai dengan panduan dari Alquran dan hadist Nabi Muhammad SAW. Berikut cara-cara memaksimalkan bulan suci Ramadhan tahun ini agar lebih baik yang dilansir di About Islam.

Baca Juga

Berupaya tingkatkan ketaqwaan

Capaian tertinggi dari ibadah puasa seperti yang disebutkan dalam Alquran adalah peningkatan ketaqwaan diri kepada Allah SWT. Dalam Alquran, jalan ketaqwaan adalah pilihan yang harus diambil seorang Muslim jika tidak ingin digolongkan sebagai seorang yang merugi. 

Allah berfirman dalam Alquran:

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا (7) فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا (8) قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا (9) وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا (10)

Artinya: “Demi jiwa dan penyempurnaan (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (Q. S. al-Syams [91]: 7-10).

Dengan memilih jalan ketaqwaan berarti seorang Muslim telah berupaya memurnikan diri dari semua dosa. Adanya bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan akan membantu seseorang dalam hal ini.

Ibadah puasa yang dijalankan dengan sungguh-sungguh akan membantu menyucikan diri dari keinginan dan kecenderungan yang merugikan atau tidak murni, misalnya kemarahan, kesombongan, ego, keras kepala, kesombongan, kecemburuan, kesombongan, keinginan yang tidak terkendali.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X