Selasa 30 Mar 2021 00:02 WIB

Menakar Peluang Puan Jadi Capres 2024

Nilai jual Puan tampak rendah, sehingga akan menyulitkan relawan dan PDIP membranding

Rep: Ali Mansur / Red: Agus Yulianto
Ketua DPR Puan Maharani
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Ketua DPR Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menyebut, para kader PDI Perjuangan sudah intens mencalonkan Puan Maharani jadi calon presiden (capres) pada 2024. Bahkan, Ketua DPR RI ini sudah digadang-gadang oleh Barisan Relawan Puan Maharani untuk Indonesia (Barani).

"Peluang Puan menjadi capres memang sangat besar. Sang ibunda, Megawati Soekarnoputri tampaknya sudah mempersiapkan Puan jauh-jauh hari," kata Jamiluddin dalam keterangannya, Senin (29/3).

Bahkan, kata Jamiluddin, Puan sudah dimagangkan menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) di era Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kemudian berlanjut dijadikan Ketua DPR RI. Sayangnya hingga saat ini, kata Jamiluddin, tidak mendengar prestasi monumental saat Puan menjabat Menko PMK. 

"Bahkan program revolusi mental yang berada di bawah kendali Menko PMK, tak jelas hasilnya," ungkap Jamiluddin.

Bahkan, lanjut Jamiluddin, minus prestasi juga terlihat saat Puan menjabat Ketua DPR RI. Setelah memimpin DPR RI satu setengah tahun, tidak ada gebrakan yang membuat masyarakat kagum terhadap dirinya dan DPR RI. 

Masyarakat hanya tahu kasus kontroversial Puan saat mematikan pengeras suara pada suatu acara paripurna. "Dengan dua jabatan bergengsi itu, seharusnya elektabilitas Puan sudah meroket," terangnya.

Sebab, bagi Jamiluddin, dua jabatan itu berhubungan langsung dengan masyarakat. Sehingga, kalau ia menonjol tentu elektabilitasnya sudah tinggi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement