Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Tahapan Membuka Sektor Pendidikan di Tengah Pandemi

Senin 29 Mar 2021 20:00 WIB

Rep: Surya Dinata/ Red: Fian Firatmaja

Suasana kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi.

Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid
EMBED
Wiku menjelaskan, ada lima tahapan untuk membuka sektor pendidikan saat pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Pemerintah melalui satgas Covid-19 menjelaskan tahapan yang harus dilakukan jika sektor pendidikan dibuka di tengah pandemi Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada lima tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pembukaan sektor pendidikan. Menurut Wiku tahapan  pertama adalah tahapan prakondisi atau biasa disebut adaptasi kebiasaan baru. Lalu yang kedua menurutnya adalah proses dalam menentukan waktu yang tepat. 

Wiku menambahkan, tahapan ketiga adalah penentuan prioritas yang mencakup simulasi pembukaan oleh institusi percontohan terlebih dahulu. Selanjutnya Wiku menjelaskan tahapan keempat, yaitu tahapan koordinasi pusat dan daerah. 

Menurutnya harus ada implementasi timbal balik antara pemerintah pusat dan pihak daerah, diantaranya dinas kesehatan, dinas pendidikan, serta institusi pendidikan, dan orang tua murid. 

Terakhir, Wiku mengungkapkan tahapan kelima ialah  monitoring dan evaluasi pemantauan pelaksanaan kegiatan pembelajaran serta evaluasi sesuai skenario pengendalian COVID-19. Selain itu juga dengan prinsip kebijakan gas dan rem.

 

 

 

 

 

Video Editor | Fian Firatmaja

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA