Senin 29 Mar 2021 15:49 WIB

PT KAI Daop 5 Tambah Empat Lokasi Layanan GeNose

Di wilayah Daop 5 secara keseluruhan ada enam stasiun yang memberikan layanan GeNose.

Rep: eko widiyatno/ Red: Hiru Muhammad
Stasiun Kroya di Cilacap.
Foto: Dephub
Stasiun Kroya di Cilacap.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Stasiun di wilayah PT KAI Daop 5 yang melayani pemeriksaan GeNose bagi calon penumpang Ka, semakin bertambah. Deputy Vice President Daop 5 Purwokerto Willy Suryamiharja, menyebutkan mulai tanggal Selasa (30/3), di wilayah Daop 5 ada empat stasiun lagi yang memberikan layanan GeNose.

''Keempat stasiun tersebut terdiri dari Stasiun Gombong, Kebumen, Sidareja dan Kroya. Dengan demikian, calon penumpang di empat stasiun tersebut tidak perlu lagi jauh-jauh mencari layanan GeNose untuk memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan KA jarak jauh,'' jelasnya, Selasa (29/3).

Dia menyebutkan, dengan tambahan empat stasiun ini, maka di wilayah Daop 5 secara keseluruhan ada enam stasiun yang memberikan layanan GeNose. Selain keempat stasiun tersebut, dua stasiun yang sebelumnya sudah memberikan layanan GeNose adalah Stasiun Purwokerto dan Kutoarjo.

Mengutip penjelasan dari KAI Pusat, Willy menyebutkan, penambahan empat stasiun di wilayah Daop 5 yang memberikan layanan GeNose, merupakan bagian dari penambahan layanan GeNose di 21 stasiun. Dengan penambahan ini, maka jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose menjadi 44 stasiun.

''Penambahan layanan GeNose secara bertahap dari semula hanya dua stasiun pada awal Februari menjadi 44 stasiun pada akhir Maret ini, merupakan komitmen KAI agar calon penumpang KA mendapat kemudahan dalam memenuhi persyaratan perjalanan KA,'' katanya.

Mengutip data dari PT KAI, disebutkan hingga 28 Maret 2021, PT KAI telah melayani 345.668 calon penumpang KA yang melakukan pemeriksaan GeNose. ''Calon penumpang KA merasa nyaman dengan layanan ini, karena prosesnya mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau hanya Rp30.000,'' katanya.

Dia menyebutkan, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Selain itu, sebelum tes GeNose dilakukan, calon penumpang  tidak boleh merokok, makan, minum selain air putih selama 30 menit sebelum melaksanakan tes. n eko widiyatno

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement