Senin 29 Mar 2021 13:47 WIB

Untuk Pertama Kalinya, New York Keluarkan Paspor Vaksin

Excelsior Pass adalah aplikasi yang memungkinkan warga membuktikan status vaksinasi

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Paspor vaksin untuk pertama kalinya tersedia di New York, Amerika Serikat (AS) dalam program yang disebut sebagai Excelsior Pass adalah aplikasi yang akan memungkinkan warga di negara bagian itu untuk membuktikan status vaksinasi . (ilustrasi)
Foto: VOA
Paspor vaksin untuk pertama kalinya tersedia di New York, Amerika Serikat (AS) dalam program yang disebut sebagai Excelsior Pass adalah aplikasi yang akan memungkinkan warga di negara bagian itu untuk membuktikan status vaksinasi . (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Paspor vaksin untuk pertama kalinya tersedia di New York, Amerika Serikat (AS) dalam program yang disebut sebagai Excelsior Pass adalah aplikasi yang akan memungkinkan warga di negara bagian itu untuk membuktikan status vaksinasi mereka maupun riwayat tes infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) dengan hasil negatif beberapa waktu terakhir.

“Mirip dengan boarding pass di maskapai penerbangan, setiap individu akan dapat mencetak paspor mereka atau menyimpannya di ponsel pintar dengan menggunakan aplikasi Excelsior Pass Wallet,” ujar Gubernur New York Andrew Cuomo dalam sebuah rilis berita beberapa waktu lalu, dilansir New York Post, Senin (29/3).

Dalam rilis tersebut, Cuomo menjelaskan bahwa setiap paspor akan memiliki kode QR yang aman dan dapat dipindai oleh tempat-tempat yang berpartisipasi menggunakan aplikasi pendamping untuk memverifikasi bukti hasil tes negatif Covid-19 atau bukti vaksinasi. Ia menegaskan bahwa data individu disimpan dengan aman dan rahasia setiap saat.

Aplikasi tidak akan menampilkan informasi kesehatan apapun saat dipindai. Ini hanya akan menampilkan tanda centang hijau jika orang tersebut telah divaksinasi atau dites secara negatif atau tanda ‘x’ berwarna merah jika tidak.

Tempat-tempat populer di New York, seperti Madison Square Garden dan Times Union Center di Albany, akan mulai menggunakan aplikasi paspor Excelsior tersebut pekan depan. Selain itu, pada 2 April, Excelsior Pass akan diperluas ke tempat-tempat seni, hiburan, dan acara yang lebih kecil.

Aplikasi, yang diluncurkan Jumat, sudah berfungsi untuk membuktikan status vaksinasi atau hasil tes negatif Covid-19. Ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke resepsi pernikahan, yang saat ini  membutuhkan tes negatif dari infeksi virus corona jenis baru peserta dan acara lain yang berada di atas batas pertemuan sosial.

“Warga New York telah membuktikan bahwa mereka dapat mengikuti panduan kesehatan masyarakat untuk melawan Covid-19, dan Excelsior Pass yang inovatif adalah alat lain dalam kotak alat baru kami untuk melawan virus sambil memungkinkan lebih banyak sektor ekonomi untuk dibuka kembali dengan aman dan menjaga keamanan informasi pribadi,” jelas Cuomo kata dalam sebuah pernyataan.

Cuomo juga menyebut pertanyaan tentang kesehatan masyarakat atau ekonomi selalu menjadi yang sering muncul. Ia mengatakan bahwa jawabannya secara pasti adalah keduanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement