Senin 29 Mar 2021 13:32 WIB

Bermain Sabar, Prawira Bandung Taklukan Indonesia Patriots

Prawira Bandung mengalahkan Indonesia Patriots 85-75 pada Seri 3 IBL 2021.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kapten tim Prawira Bandung Diftha Pratama mengoper bola dijaga dua pemain Indonesia Patriots dalam pertandingan IBL 2021.
Foto: Dok IBL Indonesia
Kapten tim Prawira Bandung Diftha Pratama mengoper bola dijaga dua pemain Indonesia Patriots dalam pertandingan IBL 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bermain sabar dan agresif, baik saat bertahan maupun menyerang, menjadi kunci kemenangan Prawira Bandung atas Indonesia Patriots pada Seri 3 IBL 2021. Prawira mengalahkan Patriots 85-75 dalam laga di gelembung IBL Robinson Resort, Cisarua, Bogor, Senin (29/3).

Usai laga pelatih Prawira Andre Yuwadi mengatakan kalau kemenangan ini karena bermain sabar. "Tadi pemain mau sabar, agresif defense dan ofense. Tidak terburu-buru sehingga kita sering dapat posisi tripoin yang terbuka. Sehingga persentase meningkat dibanding gim sebelumnya," kata dia.

Selain itu lanjut Andre, para pemain juga mau mengikuti apa yang telah dipersiapkan. "Mereka juga mau mengikuti apa yang kami persiapkan. Kami juga sudah lihat video rekaman pertandingan maupun uji coba melawan Indonesia Patriots," kata dia.

Kapten tim Prawira Diftha Pratama mengungkapkan, kunci kemenangan timnya adalah membatasi para pemain yang menjadi motor serangan Patriots. "Gim pertama kami tahu siapa yang jadi motor serangan. Hari ini kita berhasil membatasi mereka, sehingga mereka tidak berhasil dapat momentum," kata dia.

Asisten Pelatih Patriots Andrie Ekayana setuju lawannya memang lebih sabar. Menurut Yayan, sapaannya, kesabaran ini sangat terlihat dalam eksekusi sehingga akurasi mereka lebih tinggi.

"Mereka lebih pengalaman. Kami sudah mencoba memecahkan pola mereka tapi lawan sangat sabar. Tadi kami juga gampang ditembus di bawah ring," ujar Yayan.

Yudha Saputera yang di pertemuan pertama menjadi bintang kali ini mengaku kesulitan. "Tadi lawan lebih agresif menjaga saya. Sebaliknya defense kami kurang agresif," kata Yudha.

Prawira menekan sejak awal laga, mereka memimpin 19-14. Namun Patriots mengambil alih keunggulan di akhir kuarter dua dengan skor 40-38. Kuarter tiga kembali dikuasai Prawira, menutupnya dengan 66-57. Akhirnya Prawira menang 85-75 meskipun mendapatkan tekanan dari para junior mereka. Hasil ini sekaligus revans atas kekalahan Prawira pada pertemuan pertama mereka. 

Empat pemain Prawira membuat skor dua digit, Diftha Pratama 20 poin, Abraham Damar Grahita 16 angka, Firman Dwi Nugroho 13 poin, dan Reza Guntara 11 angka.

Di kubu Patriots pemain yang turun dari bangku cadangan Aldy Izzatur Rachman memimpin dengan 16 poin, Yudha Saputera 13 angka, dan Kelvin Sanjaya menambahkan 10 poin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement