Ahad 28 Mar 2021 21:59 WIB

5 Kota di AS Ini Punya Air dengan Kualitas Terburuk

Kualitas air buruk karena terkontaminasi bakteri hingga ketersediaan pipa yang minim.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Kualitas air buruk karena terkontaminasi bakteri hingga ketersediaan pipa yang minim.
Foto: Pixabay
Kualitas air buruk karena terkontaminasi bakteri hingga ketersediaan pipa yang minim.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan rintisan, Lawn Starter, menyebut, ada 200 kota teratas berdasarkan kualitas air minum. Dikatakan, penilaiannya meliputi ketersediaan pipa, kepuasan pelanggan, pelanggaran kualitas air dan lainnya.

Mengutip eat this Ahad (28/3), Columbus, Ohio, menjadi peringkat tertinggi dalam survei tersebut dengan skor 81,03. Sedangkan berdasarkan situs Laws Starter, berikut adalah lima kota urutan paling bawah dari daftar yang dirilis.

Baca Juga

5. Metairie, La

Terletak di pantai selatan Danau Pontchartrain, Metairie adalah pinggiran kota pertama di New Orleans. Kota ini hanya memiliki skor keseluruhan sekitar 41,08. Masalah kualitas utama air kota ini muncul lebih dari 15 tahun lalu, tepatnya pada Agustus 2005. Waktu berjalan kualitas air minum terus muncul ke permukaan.

Bahkan, pada tahun 2006, Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam Amerika Serikat merilis laporan dengan Pusat Lingkungan Rakyat tentang air minum di New Orleans. Mereka, menemukan bukti kontaminasi bakteri campuran dalam tiga sampel air.

4. Cape Coral, Florida

Di posisi keempat terbawah, ada Cape Coral, Florida dekat Fort Myers di Florida barat daya. Kota ini hanya memperoleh skor sekitar 40,86. Diketahui, selain berada tepat di Teluk Meksiko, kota ini juga memiliki sistem kanal dan saluran air yang padat.

Sejak 2019 lalu, peringatan kontaminan air memang telah muncul. Meskipun, para pejabat mengatakan bahwa air kota itu aman untuk diminum pada saat itu.

3. Oceanside, California

Lebih jauh, Oceanside, California menjadi kota ketiga kualitas air terburuk di AS. Meski bukan satu-satunya kota di California yang memiliki kualitas air terburuk, Oceanside tetap memiliki skor rendah, sekitar 39,79.

Oceanside, yang terletak di antara Los Angeles dan San Diego di pantai Pasifik, menempati peringkat #157 dalam hal kepuasan konsumen dan #182 untuk kerentanan infrastruktur.

2. Lembah Moreno, California

Kota di California Selatan ini, terletak di sebelah timur Los Angeles. Kota ini mendapatkan skor 39,54 setelah mendapatkan nilai rendah dalam metrik risiko bahaya alam. Seperti Oceanside, kota ini juga menempati peringkat # 157 untuk kepuasan konsumen, tetapi skornya lebih rendah dalam kategori kerentanan infrastruktur, berada di # 188.

1. Garden Grove, California

Kota dengan kualitas air terburuk menurut data, adalah Garden Grove yang mendapat skor total 37,9 untuk kualitas air kotanya, atau terendah dalam daftar 200.

"California Selatan secara konsisten berada di peringkat paling bawah, meskipun bagian lain dari Golden State peringkat menengah hingga tinggi," kata laporan itu.

Meski beberapa kota seperti Garden Grove sebenarnya berkinerja cukup baik dalam kategori kepatuhan, tetapi Garden Grove memiliki bagian rumah yang sangat tinggi yang tidak memiliki fasilitas pipa atau dapur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement