Ahad 28 Mar 2021 18:52 WIB

Pengamat: Pasar Ponsel Pintar Segmen Low-End Tetap Bersaing

Ponsel pintar asal China dan Korea Selatan masih merajai pasar segmen low-end.

Penjualan ponsel pintar (Ilustrasi)
Foto: VOA
Penjualan ponsel pintar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat gawai dari komunitas Gadtorade Lucky Sebastian menilai pasar ponsel pintar di Indonesia, khususnya di segmen low-end akan tetap bersaing ketat di kuartal I 2021. Lucky mengatakan kondisi pandemi Covid-19 turut mempengaruhi hal tersebut, di mana kebanyakan pekerjaan harus dilakukan secara daring.

"Segmen low-end ini menjadi persaingan yang ketat dari banyak vendor, didorong oleh kondisi pandemi, di mana kebanyakan pekerjaan harus dilakukan daring atau work from home dan juga pembelajaran sekolah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ)," kata Lucky saat dihubungi, Ahad (28/3).

Baca Juga

Menurut dia, kondisi tersebut mendorong penjualan ponsel pintar di segmen low-end terdongkrak naik. Dia menilai para vendor ponsel pintar masih akan terus berlomba menghadirkan tipe-tipe ponsel pintar menarik di segmen ini.

"Karena pengguna ponsel pintar di segmen ini paling banyak, maka segmen ini juga dikejar para vendor untuk meningkatkan pangsa pasar brand, karena urutan teratas pangsa pasar ini masih diperebutkan untuk menjadi prestise kepercayaan bagi calon pembeli juga sebagai langkah marketing yang menarik," kata Lucky.

Lucky memperkirakan persaingan di segmen low-end akan terus menarik hingga kuartal-kuartal mendatang. Terlebih, kondisi pandemi Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

Berdasarkan laporan terbaru firma riset IDC, ponsel pintar di kategori low-end atau yang dipasarkan dengan rentang harga Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta mengalami kenaikan di tahun 2020. Porsi pasar ponsel pintar low-end kini mencapai 65 persen, naik dari 45 persen pada tahun 2019 lalu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement