Ahad 28 Mar 2021 16:07 WIB

Pemkab Banyumas Sediakan Aplikasi Khusus Vaksin Massal

Aplikasi ini digunakan agar warga di luar banyumas bisa mendaftar secara online

Rep: eko widiyatno/ Red: Hiru Muhammad
Seorang wartawan menunjukan kartu vaksinasi COVID-19  tahap pertama, di Pukesmas Purwokerto Barat, Banyumas, Jateng, Kamis (25/2/2021). Sejumlah wartawan di Kabupaten Banyumas, Jateng, mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap dua termin pertama yang ditujukan bagi kelompok pelayanan publik seperti Polri, Aparatur Sipil Negara, Satpol PP,  dan Wartawan.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Seorang wartawan menunjukan kartu vaksinasi COVID-19 tahap pertama, di Pukesmas Purwokerto Barat, Banyumas, Jateng, Kamis (25/2/2021). Sejumlah wartawan di Kabupaten Banyumas, Jateng, mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap dua termin pertama yang ditujukan bagi kelompok pelayanan publik seperti Polri, Aparatur Sipil Negara, Satpol PP, dan Wartawan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Pemerintah Kabupaten Banyumas menyiapkan aplikasi khusus bagi warga Banyumas Raya di luar wilayah Kabupaten Banyumas yang ingin mengikuti vaksinasi massal di GOR Satria Purwokerto. Aplikasi ini disediakan agar warga di luar wilayah Kabupaten Banyumas  bisa mendaftar secara online. "Nama aplikasinya Vaberaya. Aplikasi ini sudah bisa diunduh di playstore, mulai Senin besok," jelas Bupati Achmad Husein, Ahad (28/3).

Selain aplikasi di playstore, Bupati juga menyatakan, warga bisa mendaftar melalui yang disediakan di laman banyumaskab.go.id. Alamat lengkapnya di http:vaberaya.banyumaskab.go.id.

''Setelah mendaftar di aplikasi maupun situs, warga akan mendapat SMS konfirmasi mengenai tanggal dan waktu vaksinasi yang akan diberikan. Dengan demikian, warga bisa memperkirakan kapan waktu datang ke GOR,'' katanya.

Sedangkan untuk warga Banyumas, pendaftaran akan dilakukan secara kolektif oleh kepala desa atau lurah di masing-masing desa. Sedangkan jadwal vaksinasi, akan ditentukan oleh pihak penyelenggara.

''Hal ini terkait dengan masalah penyediaan shuttle atau penjemputan dan pemulangan warga yang akan divaksin dari titik kumpul di desa masing-masing ke lokasi tempat vaksinasi di GOR. Dengan koordinasi dari pemerintah desa, vaksinasi tidak dilakukan satu per satu, tapi secara kolektif per desa,'' jelasnya.

Bupati menyebutkan, layanan itu shuttle atau antar-jemput peserta vaksinasi, sejauh ini memang hanya disediakan bagi warga ber KTP Banyumas yang tinggal di Kabupaten Banyumas. Hal ini mengingat pembiayaan antar jemput, ditanggung Pemkab Banyumas.

Meski demikian, kata Husein, bagi warga Banyumas yang ingin datang sendiri ke lokasi vaksinasi, bisa mendaftar melalui aplikasi vaberaya atau laman vaberaya.banyumaskab.go.id. ''Silakan bagi warga Banyumas yang ingin datang sendiri ke GOR, bisa mendaftar di Vaberaya,'' katanya.

Bahkan bagi warga yang tidak bisa memasukkan data melalui aplikasi Vaberaya, dapat langsung menuju ke GOR Satria Purwokerto. ''Nanti pihak penyelenggara akan membantu warga untuk memasukkan data agar bisa mendapatkan jadwal vaksin,'' katanya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian BUMN akan melakukan percepatan vaksinasi Covid 19 di wilayah Banyumas Raya. Program percepatan vaksinasi ini dilakukan dengan membuka posko vaksinasi massal di GOR Satria Kota Purwokerto selama dua bulan. Melalui program ini, pemberian vaksin diharapkan bisa mencapai 2.000 orang per hari.

Bupati Achmad Husein juga menyebutkan, program percepatan vaksinasi ini diprioritaskan bagi kalangan lansia dari masyarakat umum yang berusia di atas 60 tahun, dan lansia usia 50 tahun ke atas yang bekerja di sektor layanan publik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement