Ahad 28 Mar 2021 07:09 WIB

Bugar di Usia 70-an, Coba Olahraga 12 Menit Ini

Tak banyak orang yang berada pada kondisi prima ketika memasuki usia 75 tahun.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Tak banyak orang yang berada pada kondisi prima ketika memasuki usia 75 tahun.
Foto: Sciencealert
Tak banyak orang yang berada pada kondisi prima ketika memasuki usia 75 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak banyak orang yang berada pada kondisi prima ketika memasuki usia 75 tahun. Aktris Helen Mirren mungkin hanya sebagian kecil di antaranya. Salah satu rahasia di balik tubuh Mirren yang bugar di usia lanjut adalah sebuah metode olahraga sederhana berdurasi 12 menit.

Di samping menjaga asupan makan yang baik, Mirren telah sejak lama aktif mengikuti beberapa kegiatan olahraga. Salah satunya adalah rencana olahraga Royal Canadian Air atau dikenal sebagai "rencana olahrag XBX untuk kebugaran fisik".

Baca Juga

"(Rencana olahraga ini) memiliki chart yang harus Anda ikuti. Setiap hari, Anda hanya perlu melakukan olahraga selama 12 menit," ungkap Mirren, seperti dilansir Fit And Well, Ahad (28/3).

Mirren telah melakukan metode olahraga ini sepanjang hidupnya. Meski berdurasi singkat, metode olahraga ini secara signifikan dapat meningkatkan kebugaran sehingga turut membantu tubuh untuk mampu melakukan aktivitas fisik yang lebih berat.

"Dua pekan melakukan ini dan Anda akan berpikir: 'Ya, saya bisa berolahraga di gym sekarang'," pungkas Mirren.

Rencana olahraga XBX terdiri dari 10 latihan dasar yang diciptakan oleh satuan militer Kanada pada 1950-an untuk para personil militer yang ditugaskan di area tanpa gym. Metode olahraga ini menggabungkan beberapa jenis latihan bodyweight seperti push up, arm circle, lari di tempat, lompat tinggi, hingga sit up. Tujuan dari metode olahraga ini adalah untuk membangun kekuatan dasar dan fleksibilitas.

Mirern mengatakan dia biasanya melakukan rencana olahraga XBX sebagai persiapan beberapa waktu sebelum dia melakukan olahraga yang lebih intens di gym. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan rencana olahraga XBX berdurasi 12 menit seperit yang diterapkan Mirren.

1. Toe touching atau menyentuh ibu jari kaki sebanyak lima kali repetisi. Gerakan ini dilakukan dengan cara membungkukkan badan untuk menyentuh ibu jari kaki dengan tangan yang lurus ke bawah.

2. Knee raises atau angkat dengkul sebanyak delapan repetisi pada masing-masing kaki. Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri lalu angkat dengkul ke arah dada sambil tetap menjaga keseimbangan pada kaki satunya.

3. Lateral bending sebanyak lima kali repetisi pada masing-masing lengan. Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri dengan kaki membuka sejajar dengan lebar bahu, angkat salah satu tangan ke atas kepala lalu satu tangan lainnya menyentuh dengkul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement