Ahad 28 Mar 2021 03:30 WIB

Di Maria Kian Dekat dengan Rekor Assist di PSG

Rekor assist terbanyak di PSG masih dipegang oleh Safet Susic.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
WInger PSG Angel Di Maria
Foto: EPA-EFE/Filip Singer
WInger PSG Angel Di Maria

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Gelandang serang asal Argentina Angel Di Maria berpeluang besar memecahkan rekor baru dalam sejarah Paris Saint Germain (PSG). Eks winger Manchester United itu tinggal membutuhkan lima assist untuk menempati posisi teratas dalam daftar pemain dengan assist terbanyak sepanjang sejarah Les Parisien. 

Saat ini, rekor tersebut masih dipegang oleh Safet Susic, yang memperkuat PSG pada 1982 hingga 1991. Selama sembilan tahun membela PSG, Susic berhasil mengemas 103 assist di semua ajang. 

Baca Juga

Di Maria, yang telah mengenakan seragam PSG sejak hijrah dari Manchester United pada 2015, tercatat telah 99 kali menyediakan assist buat rekan-rekan setimnya. Terakhir, mantan winger Real Madrid itu memberikan assist buat Kylian Mbappe dalam gol pembuka PSG di laga kontra Marseille, awal Februari silam.  Pada saat itu, Les Rouge et Bleu mampu menutup laga dengan kemenangan 2-0. 

Secara keseluruhan, Di Maria telah menorehkan 12 assist di semua ajang pada musim ini. Dengan catatan tersebut, Di Maria menorehkan rataan satu assist tiap 173 menit laga. 

Bermodal rataan tersebut, bukan tidak mungkin pemain berusia 33 tahun itu bisa melampaui rekor assist PSG dengan menambah lima assist lagi. Terlebih, pada sisa musim ini, PSG setidaknya masih bakal merumput di 10 partai lagi, termasuk delapan partai di pentas Ligue 1 dan dua laga di babak perempat final Liga Champions. 

Di Maria pun sadar dengan peluang yang dimilikinya untuk bisa menggeser Susic sebagai pemain dengan assist terbanyak di sepanjang sejarah PSG. Eks winger Benfica itu berambisi untuk bisa menuliskan namanya dalam buku rekor dan pencapaian Les Parisien. 

"Bisa mencetak 104 assist untuk klub ini sangat penting buat saya. Catatan itu akan terus berada di dalam sejarah klub hingga seseorang bisa melampauinya. Kini, saya tampil bersama Kylian Mbappe dan Neymar, yang sebelumnya sudah mencetak rekor di klub ini. Saya juga ingin mencetak sejarah baru di klub ini," tutur Di Maria seperti dilansir laman resmi Ligue 1, Sabtu (27/3). 

Pemain yang telah menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2022 tersebut sebenarnya sudah menorehkan namanya di dalam buku rekor PSG. Di Maria merupakan pemain dengan assist terbanyak di pentas Ligue 1 sepanjang sejarah partisipasi klub asal ibu kota Prancis di Ligue 1. Ia mengukir 18 assist pada musim 2015/2016. Selain itu, Di Maria juga berbagi tempat dengan Kylian Mbappe dalam urusan pemain PSG yang paling banyak memberikan umpan berbuah gol di pentas kompetisi Eropa, yaitu dengan torehan 16 assist. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement