Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Pohon Tumbang Timpa Pengendara Motor di Jember

Sabtu 27 Mar 2021 23:43 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pohon tumbang.  (ilustrasi)

Pohon tumbang. (ilustrasi)

Foto: Antara/Adhitya Hendra
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di Jember.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER, JAWA TIMUR -- Sebuah pohon tumbang menimpa seorang pengendara sepeda motor hingga mengalami luka-luka saat melintas di depan Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (27/3) sore. Peristiwa terjadi saat hujan disertai angin kencang melanda kawasan sekitar.

"Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sebagian wilayah Jember hingga mengakibatkan pohon tumbang yang menimpa pengendara, rumah warga dan sebagian jalan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Penta Satria.

Berdasarkan data, ada tiga lokasi yang terdampak angin kencang, yakni di Jalan Jawa, Perumahan Puri Bunga Nirwana, dan Lingkungan Plindu yang semuanya berada di Kecamatan Sumbersari.

"Satu pengendara bernama Bram (26) mengalami luka di tangan kiri dan punggung bawah kanan akibat tertimpa pohon yang tumbang di Jalan Jawa atau Depan Kantor Dinas Pariwisata," katanya.

Menurutnya, Tim Reaksi Cepat BPBD Jember langsung mengevakuasi korban yang mengalami luka dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. "Selain menimpa pengendara, pohon tumbang tersebut juga mengakibatkan kabel listrik putus dan menimpa kabel Telkom, sehingga petugas memangkas pohon yang menutup jalan," tuturnya.

Sedangkan angin kencang di Perumahan Puri Nirwana menyebabkan lima warung mengalami rusak ringan dan rumah warga rusak di Lingkungan Plindu. "Kami mengimbau agar masyarakat waspada pada curah hujan tinggi yang disertai angin kencang. Sebaiknya pengendara berhenti di tempat yang aman agar tidak tertimpa pohon tumbang," katanya.

Sementara itu, banjir genangan juga melanda di beberapa titik, yakni di Kecamatan Sumbersari berada di Jalan Mastrip, dan Jalan Jawa, sedangkan di Kecamatan Kaliwates luapan air di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.

Bahkan, pengendara motor terpaksa menuntun kendaraannya saat terjebak banjir di Jalan Mastrip, karena motornya mogok di tengah jalan akibat genangan air tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA