Sabtu 27 Mar 2021 23:32 WIB

China-Iran Tanda Tangani Kerja Sama Lebih Serius Lagi

China dan Iran melakukan peningkatan kerjasama di berbagai bidang

Rep: Lintar Satria/ Red: Nashih Nashrullah
China dan Iran melakukan peningkatan kerjasama di berbagai bidang. Bendera Cina dan Iran
China dan Iran melakukan peningkatan kerjasama di berbagai bidang. Bendera Cina dan Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN— Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Iran Javad Zarif tanda tangani kerja sama komprehensif antara dua sekutu. Upacara penandatanganan ini disiarkan langsung melalui stasiun televisi Iran.

"Hubungan kami dengan Iran tidak hanya akan berdampak dengan situasi saat ini, tapi permanen dan strategis," kata Wang Yi yang tiba di Teheran, Jumat (26/3).

Baca Juga

"Iran memutuskan hubungannya dengan negara lain secara independen dan tidak seperti negara lain yang mengubah posisinya hanya dengan satu panggilan telepon," tambah Wang seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA.

IRNA melaporkan dokumen kerja sama itu sudah dibahas sejak 2015 ketika Presiden Xi Jinping berkunjung ke Iran. Pembahasan itu mengarah pada hubungan bilateral yang komprehensif dan strategis.

Selain bertemu Zarif dalam kunjungannya Wang juga bertemu Presiden Hassan Rouhani dan Petinggi Tertinggi Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei. Wang dan Zarif membahas hubungan bilateral dan isu-isu internasional serta upaya mengeksplorasi dan mengimplementasi kerja sama strategis.

Kementerian Luar Negeri Iran juga merayakan 50 tahun hubungan kedua negara. Juru bicara kementerian mengatakan hubungan Iran-China berlapis, mendalam dan memiliki banyak dimensi. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement