Sabtu 27 Mar 2021 18:53 WIB

Pelatih Belgia Waspadai Kecepatan Transisi Ceska

Belgia bertandang ke markas Republik Ceska di Stadion Eden Arena, Praha, Ahad (28/3).

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Pelatih Belgia Roberto Martinez
Foto: EPA-EFE/Ian Walton
Pelatih Belgia Roberto Martinez

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Setelah membungkam Wales 3-1 pada laga perdana Grup E kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Kamis (25/4) dini hari WIB, Belgia akan melakoni laga kedua. Belgia bertandang ke markas Republik Ceska di Stadion Eden Arena, Praha, Ahad (28/3) dini hari WIb. 

Eks pelatih Everton itu memuji Ceska memiliki keunggulan dalam kecepatan transisi permainan dari bertahan ke menyerang. Transisi permainain ini, tutur Martinez, menjadi salah satu penyebab keberhasilan Ceska membungkam Estonia 6-2 pada laga perdana Grup E. Aspek inilah yang diwaspadai Martinez dalam lawatan ke kandang lawan tersebut. 

Baca Juga

"Kecepatan transisi permainan mereka, dari bertahan ke menyerang, benar-benar luar biasa. Permainan mereka sangat menyenangkan untuk ditonton. Kami mesti bisa dengan cepat menghentikan transisi permainan mereka,'' tutur Martinez seperti dilansir Indianpaper, Sabtu (27/3). 

Secara khusus, pelatih asal Spanyol itu menyoroti peran Tomas Soucek dalam permainan Ceska. Menurut Martinez, gelandang West Ham itu menjadi penyeimbang permainan tim besutan Jaroslav Silhavy tersebut. 

Soucek juga piawai mencetak gol. Pada laga kontra Estonia, gelandang berusia 26 tahun itu mampu memborong tiga gol sekaligus. "Gaya permainan Soucek sangat cocok dengan filosofi yang diterapkan Ceska. Namun, Ceska bukan hanya Soucek. Striker mereka juga cukup berbahaya. Untuk itu, kami mesti bisa tampil secara sempurna dan berada dalam kondisi terbaik, terutama dalam hal menjaga konsentrasi permainan sejak menit pertama. Kami tidak bisa mengulangi penampilan pada awal laga di laga kontra Wales," kata Martinez. 

Pada laga kontra Wales, Belgia memang sempat dikejutkan dengan gol cepat Harry Wilson pada menit ke-10. Peringkat ketiga Piala Dunia 2018 itu mampu bangkit dan membalas lewat gol yang masing-masing dicetak Kevin De Bruyne, Thorgan Hazard, dan Romelu Lukaku. 

Sayangnya pada laga kontra Ceska, Belgia tidak akan diperkuat oleh sejumlah pemain yang merumput di Bundesliga, termasuk Thorgan Hazard dan Thomas Meunier. Pemain-pemain tersebut tidak bisa terbang ke Ceska lantaran harus mematuhi protokol kesehatan di Jerman. Juga absennya Yannick Carascao dan Thomas Vermaelen, yang mengalami cedera pada laga kontra Wales. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement